Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Universitas Leiden Tertua Belanda

Universitas Leiden Tertua Belanda
Universitas Leiden (bahasa Belanda: Universiteit Leiden; nama bahasa Latin: Academia Lugduno Batava) adalah universitas tertua di Belanda. Terletak di Leiden dan didirikan pada tanggal 8 Februari 1575 oleh Pangeran Willem van Oranje, universitas swasta ini dikenal sebagai universitas riset yang terkemuka di dunia. Motto Universitas Leiden adalah Praesidium Libertatis. Pada tahun 2005, sebanyak 17.251 mahasiswa belajar di sembilan fakultas utama yang terdapat di Universitas Leiden : Matematika dan Ilmu Alam, Filsafat, Sastra, Hukum, Teologi, Arkeologi, Ilmu Sosial dan Tingkah Laku, Kedokteran, Seni Panggung dan Kreatif

William sang Pendiam - Pangeran Willem van Oranje

William I, Pangeran Orange (lahir 24 April 1533 – meninggal 10 Juli 1584 pada umur 51 tahun), yang juga dikenal sebagai William dan Pendiam (Belanda: Willem de Zwijger), atau hanya William dari Orange (Belanda: Willem van Oranje), adalah pemimpin utama dari Belanda pemberontakan melawan Spanyol yang memicu Perang Delapan Puluh Tahun dan mengakibatkan kemerdekaan resmi dari Provinsi Serikat pada tahun 1648. Ia lahir di House of Nassau sebagai Count of Nassau-Dillenburg. Ia menjadi Pangeran Orange pada 1544 dan dengan demikian pendiri Dewan cabang Orange-Nassau. Seorang bangsawan kaya, William awalnya menjabat Habsburg sebagai anggota pengadilan Margaret of Parma, gubernur Belanda Spanyol. Tidak senang sentralisasi kekuasaan politik jauh dari perkebunan lokal dan dengan penganiayaan Spanyol Belanda Protestan, William bergabung dengan pemberontakan Belanda dan berbalik melawan tuan mantan. Yang paling berpengaruh dan politik mampu pemberontak, ia memimpin Belanda ke beberapa keberhasilan dalam perang melawan Spanyol. Mengumumkan penjahat oleh raja Spanyol pada 1580, dia dibunuh oleh Balthasar GĂ©rard (juga ditulis sebagai "Gerardts") di Delft empat tahun kemudian.

Sejarah - Pada 1575, Belanda muncul Republik tidak memiliki universitas di jantung utaranya. Satu-satunya universitas lain di Belanda berada di selatan Leuven, tegas bawah kekuasaan Spanyol. Kebangkitan ilmiah mulai menyoroti pentingnya studi akademis, sehingga Pangeran William mendirikan universitas Belanda pertama di Leiden, Belanda untuk memberikan Utara lembaga yang bisa mendidik warganya untuk tujuan keagamaan, tetapi juga untuk memberikan negara dan pemerintah yang berpendidikan laki-laki di bidang lain. Dikatakan pilihannya jatuh pada Leiden sebagai hadiah untuk pertahanan heroik Leiden terhadap serangan Spanyol di tahun sebelumnya. Ironisnya, nama Philip II dari Spanyol, musuh William, muncul pada sertifikat yayasan resmi, karena ia masih de jure hitungan Belanda. Philip II menjawab dengan melarang setiap subjek untuk belajar di Leiden. Awalnya terletak di biara St Barbara, universitas dipindahkan ke Gereja Bagijn Faliede pada tahun 1577 (sekarang lokasi museum Universitas) dan tahun 1581 ke biara para biarawati Putih, sebuah situs yang masih menempati, meskipun bangunan aslinya dihancurkan oleh api pada tahun 1616.

Kehadiran dalam setengah abad dari tanggal berdirinya ulama seperti Justus Lipsius, Joseph Scaliger, Franciscus Gomarus, Hugo Grotius, Jacobus Arminius, Daniel Heinsius dan Gerhard Johann Vossius, mengangkat Leiden universitas menjadi dihormati dan sangat memikirkan lembaga di Eropa. Terkenal filsuf Baruch Spinoza didasarkan dekat ke Leiden selama periode ini dan berinteraksi dengan ulama banyak di universitas. Pembelajaran dan reputasi Jacobus Gronovius, Herman Boerhaave, Tiberius Hemsterhuis dan David Ruhnken, antara lain, memungkinkan Leiden untuk mempertahankan reputasinya untuk keunggulan ke akhir abad ke-18. Pada akhir abad kesembilan belas, Universitas Leiden kembali menjadi salah satu universitas terkemuka di Eropa. Pada awalnya laboratorium dunia suhu rendah universitas, profesor Heike Kamerlingh Onnes suhu dicapai hanya satu derajat di atas nol mutlak -273 derajat Celcius. Pada tahun 1908 ia juga yang pertama untuk berhasil dalam liquifying helium dan dapat dikreditkan dengan penemuan superkonduktivitas pada logam.

Onnes Kamerlingh dianugerahi Hadiah Nobel untuk Fisika pada tahun 1913. Tiga profesor lain menerima Hadiah Nobel untuk penelitian mereka dilakukan di Universiteit Leiden: Hendrik Antoon Lorentz dan Pieter Zeeman menerima Hadiah Nobel untuk kepeloporannya di bidang fenomena optik dan elektronik, dan fisiologi Willem Einthoven untuk penemuan dari galvanometer senar , yang antara lain, memungkinkan pengembangan elektrokardiografi. Ini Hadiah Nobel pemenang, tetapi juga fisikawan Albert Einstein, Enrico Fermi dan Paul Ehrenfest, yang Arabist dan pakar Islam Christiaan Snouck Hurgronje, ahli hukum Cornelis van Vollenhoven dan sejarawan Johan Huizinga, termasuk di antara mereka yang mendorong universitas menjadi tempat internasional menonjol selama 1920-an dan 1930-an. Pada tahun 2005 naskah Einstein pada teori kuantum dari gas ideal monoatomik (Einstein-Bose kondensasi) ditemukan di salah satu perpustakaan Leiden.

Saat ini, Leiden memiliki posisi internasional mapan di antara lembaga penelitian terkemuka di berbagai bidang, termasuk ilmu alam, kedokteran, sosial dan ilmu perilaku, hukum, seni, dan surat-surat. Dari enam puluh enam Spinozapremie (penghargaan ilmiah tertinggi dari Belanda), enam belas diberikan kepada profesor dari Leiden Universiteit. Sejarawan sastra Frits van Oostrom adalah guru pertama Leiden untuk diberikan penghargaan Spinoza untuk karyanya pada pengembangan pusat NLCM (sastra dan budaya Belanda pada Abad Pertengahan) menjadi pusat penelitian atas. Pemenang Spinozapremie lainnya adalah ahli bahasa Frederik Kortlandt dan Pieter Muysken, matematikawan Hendrik Lenstra, Carlo Beenakker, yang bekerja di bidang fisika mesoscopic, Ewine van Dishoeck, astronom di Observatorium Leiden, biologi transplantasi Els Goulmy, epidemiologi klinis Frits Rosendaal, Rien van IJzendoorn profesor studi pendidikan dan anak, fisikawan Jan Zaanen, arkeolog Wil Roebroeks, ahli saraf Michel Ferrari, Sluiter klasik Ineke, sosial psikolog Naomi Ellemers dan astronom Marijn Franx dan Xander Tielens. Di antara profesor terkemuka lainnya adalah Wim Blockmans, profesor Sejarah Abad Pertengahan, dan Willem Adelaar, profesor Bahasa Amerindian.

Para potret profesor terkenal sejak masa awal menggantung di aula universitas, salah satu tempat yang paling berkesan, karena Niebuhr menyebutnya, dalam sejarah ilmu pengetahuan. Perpustakaan Universitas, yang memiliki lebih dari 3,5 juta buku dan jurnal lima puluh ribu, juga memiliki sejumlah koleksi khusus internasional terkenal naskah barat dan oriental, buku cetak, arsip, gambar, gambar, foto, peta, dan atlas. Sarjana dari seluruh dunia mengunjungi Leiden University Library, yang tertua di Belanda. Kegiatan penelitian dari Institut Scaliger fokus pada koleksi khusus dan berkonsentrasi terutama pada berbagai aspek transmisi pengetahuan dan ide-ide melalui teks dan gambar dari zaman kuno sampai sekarang. Di antara lembaga-lembaga yang berafiliasi dengan universitas adalah The KITLV atau Royal Netherlands Institute of Asia Tenggara dan Karibia Studi (didirikan pada 1851), observatorium 1.633, museum sejarah alam, dengan kabinet anatomi yang sangat lengkap, Rijksmuseum van Oudheden (National Museum of Antiquities), dengan departemen khusus Mesir dan India yang berharga, sebuah museum barang antik Belanda dari awal kali, dan tiga museum etnografi, yang inti adalah koleksi Jepang Philipp Franz von Siebold itu. Para laboratorium anatomi dan patologi dari universitas modern, dan museum geologi dan mineralogi telah dipulihkan.

The Botanicus Hortus (kebun raya) adalah kebun raya tertua di Belanda, dan salah satu yang tertua di dunia. Tanaman dari seluruh dunia telah hati-hati dibudidayakan oleh para ahli di sini selama lebih dari empat abad. Taman Clusius (rekonstruksi), yang Orangery abad ke-18 dengan tanaman yang monumental bak, koleksi langka ratusan pohon sejarah tahun, Siebold Memorial Museum Jepang melambangkan hubungan historis antara Timur dan Barat, rumah kaca tropis dengan kelas dunia mereka tanaman koleksi, dan alun-alun dan Conservatory memamerkan tanaman eksotis dari Afrika Selatan dan Eropa Selatan. Penelitian di Leiden berkembang dengan baik. Ada banyak universitas lembaga penelitian dan Leiden berpartisipasi dalam lebih dari empat puluh nasional sekolah penelitian, dua belas di antaranya yang terletak di jantung kota Leiden. Pada 2012 Leiden mengadakan aliansi strategis dengan Delft University of Technology dan Universitas Erasmus Rotterdam agar perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengajaran.

Tokoh-tokoh terkenal yang pernah kuliah di Universitas Leiden

Ratu-ratu Belanda : Wilhelmina, Juliana, Beatrix
Pangeran Willem-Alexander
John Quincy Adams, Presiden Amerika Serikat ke-6
Jouke de Vries

Berhubungan dengan Hindia-Belanda atau Indonesia

Achmad Soebardjo, Menteri Luar Negeri Indonesia
Snouck Hurgronje, orientalis
Prof. Dr. Yus Rusyana Guru Besar Linguistik Universitas Pendidikan Indonesia dan Sastrawan Sunda
Theodoor Gautier Thomas Pigeaud, seorang pakar sastra Jawa
Soetan Sjahrir (tidak lulus)
Poerbatjaraka, budayawan dan pakar sastra Jawa
Prijono, Menteri Pendidikan Indonesia
Johannes Jacobus Ras, budayawan dan pakar sastra Jawa
Bernard Arps, budayawan dan pakar sastra Jawa
Mr. Teuku Muhammad Hasan, Gubernur Sumatera I
Prof. Dr. Raden Soelaiman Effendi Koesoemah Atmadja, Ketua MA I
Tjan Tjoe Siem, budayawan dan pakar sastra Jawa
P.J. Zoetmulder, budayawan dan pakar sastra Jawa
Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Gubernur Yogyakarta
Sri Paduka Mangkunagara VII