Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Kota Santiago dan Proklamasi Chili

Pedro de Valdivia - Santiago de Chile
Santiago de Chile adalah ibu kota dan kota terbesar di Chili. Kota ini terletak di bagian tengah di negara itu. Penduduknya berjumlah 6.402.532 jiwa (metropolitan), 5.428.590 jiwa (urban), 200.792 jiwa (kota) (2002) dengan memiliki luas wilayah 22,4 km². Pada tanggal 12 Februari 1541 Kota ini didirikan oleh Pedro de Valdivia. Pada tanggal yang sama di tahun 1818 Bernardo O'Higgins menandatangani Proklamasi Chili di dekat Concepcion, Chili.

Pedro Gutiérrez de Valdivia atau Valdiva (k. 1500 – 25 Desember 1553) adalah seorang penakluk Spanyol dan gubernur kerajaan Spanyol pertama di Chili. Setelah bertugas dalam pasukan Spanyol di Italia dan Flanders, ia dikirim ke Amerika Selatan tahun 1534, di mana ia menjabat sebagai letnan bawahan dari Francisco Pizarro di Peru, yaitu sebagai wakil pemegang komando. Tahun 1540 ia memimpin ekspedisi beranggotakan 150 orang Spanyol ke Chili, dan ia berhasil mengalahkan sepasukan besar penduduk asli serta mendirikan kota Santiago di tahun 1541.

Ia memperluas wilayah kekuasaan Spanyol ke arah selatan sampai ke Sungai Bío-Bío di tahun 1546, sekali lagi bertempur di Peru (antara 1546 – 48), dan akhirnya kembali ke Chili sebagai gubernur pada tahun 1549. Valdivia mulai menaklukkan wilayah Chili di sebelah selatan Bío-Bío dan mendirikan kota Concepción pada tahun 1550. Ia tertangkap dan dibunuh dalam kampanye militer terakhirnya melawan suku-suku Araucania. Kota Valdivia di Chili dinamakan menurut namanya.

Chili, kadang-kadang dieja sebagai Chile, Cili, atau Cile, adalah sebuah negara berdaulat di Benua Amerika, terletak di bagian tenggara Amerika Selatan. Nama resmi negara ini adalah Republik Chili (bahasa Spanyol: República de Chile), dengan ibu kota dan pusat pemerintahan di Kota Santiago.

Concepción adalah kota yang terletak di Chili dan merupakan ibukota provinsi Concepción. Kota ini memiliki penduduk sebesar 1.322.581 jiwa. Kota ini memiliki luas sebesar 222 km². Pada tanggal 26 Februari 2010, Chili digoyang gempa 8,8 skala richter (SR) yang berpusat di 90 km timur laut Kota Concepción, Chili dengan kedalaman 55 km. Skala gempa dilaporkan antara 8,3 SR dan 8,5 SR, sebelum kemudian ditegaskan oleh U.S. Geological Survey (USGS) menjadi sebesar 8,8 SR.

Gempa yang menggoyang gedung-gedung bertingkat dan menyebabkan mati lampu di ibukota Chili, Santiago, ini berpotensi tsunami. Pacific Tsunami Warning Center langsung mengeluarkan peringatan tsunami di Chili dan Peru, juga Ekuador. Warga merasakan getaran gempa antara 10-30 detik. Lembaga kedaruratan nasional mengatakan kepada radio setempat, pemerintah sedang menginventarisir kerusakan di sekitar Concepcion.

Valdivia adalah kota yang terletak di Chili selatan. Kota ini dinamai dari pendirinya, Pedro de Valdivia, dan terletak di muara Sungai Calle-Calle, Valdivia dan Cau-Cau. Valdivia terletak 15 km sebelah timur kota Corral dan Niebla. Sejak Oktober 2007, Valdivia telah menjadi ibukota Region Los Ríos dan juga ibukota Provinsi Valdivia.

Chili biasanya dikelompokkan ke dalam tiga zona. Zona pertama disebut Chili kontinental, atau daratan utama Chili, berupa jalur sempit di pantai barat Kerucut Selatan, yang sebagian besarnya membujur dari pesisir tenggara Samudera Pasifik sampai Andes, sepanjang 4.270 km. Chili berbatasan di darat dengan Peru di utara, Bolivia dan Argentina di timur, seluruhnya sepanjang 6.339 km, dan di selatan dengan Selat Drake. Bersama-sama Ekuador, Chili merupakan negara di Amerika Selatan yang tidak berbatasan darat dengan Brasil.

Zona kedua disebut Chili insular (Chili kepulauan), berupa sekumpulan pulau-pulau vulkanik di Samudera Pasifik bagian selatan, yaitu Kepulauan Juan Fernández dan Kepulauan Desventuradas yang merupakan bagian dari Amerika Selatan, serta Isla Salas y Gómez dan Pulau Paskah yang secara geografis terletak di Polinesia. Zona ketiga ialah Teritori Antarktika Chili, yakni sebuah zona seluas 1.250.257,6 km² di Antarktika, perbatasannya di selatan dengan Kutub Selatan. Klaim ini ditangguhkan sesuai dengan Sistem Traktat Antarktika. Karena letaknya di Benua Amerika, Oseania, dan Antarktika; Chili menyatakan dirinya sebagai 'negara tiga benua'.

Sebelum kedatangan bangsa Spanyol pada abad ke-16, Chili bagian utara berada di bawah kekuasaan Kerajaan Inka, sedangkan penduduk asli Mapuche mendiami Chili bagian tengah dan selatan. Chili mendeklarasikan kemerdekaannya dari Spanyol pada tanggal 12 Februari 1818 Bernardo O'Higgins menandatangani Proklamasi Chili di dekat Concepcion, Chili. Dalam Perang di Pasifik (1879–1883), Chili mengalahkan Peru dan Bolivia dan memenangi teritorial utara. Suku Mapuche takluk sepenuhnya pada sebelum dasawarsa 1880-an. Meskipun relatif terbebas dari perebutan kekuasaan dan sembarang pemerintah yang mengacaukan Amerika Selatan, Chili mengalami 17 tahun kediktatoran militer (1973–1990) di bawah Augusto Pinochet, yang menjadi sebab atas tewas atau hilangnya 3.000 manusia.

Bernardo O'Higgins Riquelme (20 Agustus 1778 – 24 Oktober 1842), pemimpin kemerdekaan Amerika Selatan, adalah salah satu panglima – bersama-sama dengan José de San Martín – angkatan bersenjata yang membebaskan Chili dari pemerintahan Spanyol dalam Perang Kemerdekaan Chili. Meskipun ia adalah Pemimpin Tertinggi ke-3 Chili (1817–23), O'Higgins adalah orang pertama yang menjabat gelar ini dan memimpin negara Chili yang merdeka penuh. Pada 1810, ia bergabung dengan para pemberontak nasionalis yang berjuang untuk kemerdekaan dari Spanyol. Pada 1814, para pemberontak Chili-nya dikalahkan oleh tentara Spanyol dan mengundurkan diri ke Pegunungan Andes. Pada 1817, O'Higgins kembali melakukan serangan dengan bantuan Jenderal Argentina José de San Martín.

Pada 12 Februari 1817, ia memimpin sebuah serangan kavaleri yang memenangi Pertempuran Chacabuco. Ia menjadi pemimpin Chili merdeka yang pertama, dan diberikan kekuasaan diktatorial sebagai Pemimpin Tertinggi pada 16 Februari 1817. Pada 12 Februari 1818, Chili dinyatakan menjadi republik yang merdeka. Pada pemerintahannya selama enam tahun didirikanlah Akademi Militer. Selain itu, bendera Chili yang baru (dan berlaku sekarang) disetujui. Namun upaya-upaya pembaruannya yang lebih radikal dan liberal, seperti misalnya pembentukan demokrasi dan penghapusan gelar-gelar kebangsawanan ditentang oleh para pemilik tanah yang luas yang konservatif dan kuat. Pada masa pemerintahannya ia mendirikan kota La Unión dan Vicuña.

Dari tempat pengasingannya di kemudian hari di Peru, ia mempromosikan ekspansi Chili ke selatan, termasuk pendirian Punta Arenas pada 1845. Selain itu, pemerintahannya terlibat - kemungkinan karena tekanan dari Loji Lautaro - dalam pembunuhan para pemimpin kemerdekaan lawannya, José Miguel Carrera, saudara-saudaranya Juan José dan Luis di Argentina, dan sahabat Carrera bersaudara dan pemimpin gerilya Manuel Rodríguez. Ia digulingkan oleh sebuah kudeta kelompok konservatif pada 28 Januari 1823. Selama pemerintahannya, ia juga membantu José de San Martín mengorganisir ekspedisis serta Angkatan Darat dan Angkatan Laut untuk mendukung kemerdekaan Peru. Ia juga mengorganisir Angkatan Darat Chili serta Angkatan Laut Chili pertama, di bawah komando Lord Cochrane dan Manuel Blanco Encalada.

Kini, Chili menjadi salah satu negara paling makmur dan paling stabil di Amerika Selatan dan diakui sebagai kekuatan menengah di kawasan itu. Chili memimpin bangsa-bangsa Amerika Latin dalam hal kedamaian, daya saing, kebebasan ekonomi, dan persepsi korupsi yang rendah. Dengan jumlah penduduk yang melebihi 17 juta jiwa, Chili merupakan salah satu negara dengan peringkat kualitas kehidupan, pembangunan ekonomi, indeks pembangunan manusia, pendapatan per kapita, dan indeks globalisasi tertinggi di Amerika Latin. Chili juga secara regional menempati peringkat tinggi dalam hal kebebasan pers dan pembangunan demokrasi. Namun, Chili memiliki ketidaksetaraan ekonomi yang tinggi, seperti terlihat dalam pengukuran Koefisien Gini. Pada bulan Mei 2010, Chili menjadi negara pertama di Amerika Selatan yang bergabung dalam OECD. Chili adalah anggota pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Uni Negara Amerika Selatan.