Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


21 Juli 1831 - Leopold I Raja Pertama Belgia.

Nationale Feestdag 21 Juli 1831Sejak pelantikan Leopold I sebagai raja pada 1831, Belgia telah menjadi monarki konstitusional dan demokrasi parlementer. Antara kemerdekaan dan Perang Dunia II, sistem demokrasi berubah dari oligarki yang dicirikan oleh kedua pihak utama, Katolik dan liberal, menjadi sistem hak pilih universal yang termasuk pihak ke-3, Partai Buruh, dan peran kuat buat persatuan dagang. Aslinya, Bahasa Perancis, yang merupakan bahasa teradopsi dari kaum bangsawan dan borjuis, menjadi bahasa resmi. Sejak itu negeri itu mengembangkan sistem dwibahasa Bahasa Belanda - Bahasa Perancis. Nama 'Belgia' berasal dari Gallia Belgica, sebuah provinsi Roman di area selatan jauh dari Galia yang didiami oleh Belgae, suatu campuran dari etnik Kelt dan orang-orang Jerman. - Nationale Feestdag

Leopold I (nama lengkap: Leopold Ignaz Joseph Balthasar Felician; bahasa Hongaria: I. LipĆ³t; 9 Juni 1640 – 5 Mei 1705) adalah Kaisar Romawi Suci, Raja Hungaria dan Kroasia dan Raja Bohemia. Sebagai putra kedua dari Ferdinand III, Kaisar Romawi Suci, dan istri pertamanya, Maria Anna dari Spanyol, Leopold menjadi pewaris utama pada 1654 karena kematian kakaknya Ferdinand IV. Terpilih menjadi Kaisar Romawi Suci pada 1658, Leopold memegang jabatan tersebut sampai kematiannya pada 1705. Ferdinand III adalah Kaisar Romawi Suci dari 15 Februaro 1637 sampai kematiannya, serta Raja Hungaria dan Kroasia, Raja Bohemia dan Adipati Agung Austria. Ferdinand sendiri putra sulung dari Kaisar Ferdinand II dari Habsburg dan istri pertamanya, Maria Anna dari Bavaria. Dididik oleh para imam Yesuit, ia menjadi Raja Hungaria pada 1625, Raja Bohemia pada 1627 dan Adipati Agung Austria pada 1621.

Belgia (secara resmi disebut Kerajaan Belgia) adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat benua Eropa. Negara ini merupakan negara anggota pendiri Uni Eropa dan menjadi ibukota Uni Eropa, serta organisasi internasional lainnya termasuk NATO. Belgia meliputi wilayah seluas 30.528 km² dan memiliki populasi penduduk sekitar 10,5 juta jiwa. Terletak di antara dua perbatasan budaya antara daerah Jermanik dan Latin, Belgia adalah sebuah negara dari dua kelompok etnik, Flandria dan Perancis, yang mana sebagian besarnya adalah Walloon dan sekelompok kecil adalah pembicara bahasa Jerman.

Hari libur nasional Belgia dirayakan pada 21 Juli pada tahun 1831 adalah tanggal pelantikan raja Belgia yang pertama Leopold dari Saxe-Coburg-Gotha, yang konstitusional disumpah duduk sebagai raja. Hari itu adalah hari libur umum yang merupakan hari umum cuti. Pada hari ini, toko-toko, bank, kantor pos dan pelayanan publik lainnya ditutup. Beberapa libur nasional upacara diadakan untuk memperingati pengambilan sumpah. Raja dan anggota lain dari keluarga kerajaan Belgia tinggal di pagi hari Te Deum di Katedral Saint Michael dan Saint Gudula di Brussels. Ini layanan juga akan dihadiri oleh lembaga-lembaga politik negara, duta besar dan perwakilan dari berbagai lembaga Eropa. Pada sore hari ada nasional parade dari Royal Palace, baik sipil maupun militer. Pada tahun 2002 parade itu tidak biasa karena Cinquantenaire.