Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Hari Ayah Sedunia - International Father’s Day

Wikipedia Logo Google Peringati Father’s Day - Hari Ayah Sedunia Internasional
Di Indonesia sendiri Hari Ayah dirayakan pada tanggal 12 November. Hari Ayah adalah hari untuk menghormati ayah. Sementara di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai pada awal abad ke-12.

Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men's Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 19 November.

Sejarah Hari Ibu dan Hari Ayah – Peringatan hari ibu merupakan sesuatu kegiatan yang sudah tidak asing lagi, karena hampir di segala penjuru dunia telah memperingati hari ibu. Tapi lainnya halnya dengan hari ayah, yang dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga setiap bulan Juni, khususnya di indonesia perayaan hari ayah tidak begitu populer.

Pada bulan Mei (setiap tahunnya) tepatnya hari Minggu di pekan kedua, lebih dari 75 negara seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, semuanya merayakan/memperingati Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris). Sementara perayaan atau peringatan hari ibu di indonesia yaitu pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.

Hari ibu merupakan hari peringatan atau perayaan yang ditujukan kepada peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak maupun lingkungan sosial. Perayaan hari ibu biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya. Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya. Ayah mempunyai istilah Surganya Ibu(Istri) di bawah kaki Ayah(Suami), yang artinya seorang Ibu/Istri harus patuh kepada Ayah/Suaminya. sedangkan Ibu mempunyai istilah Surganya seorang anak di bawah kaki Ibu, yang artinya anak harus patuh terhadap Ibunya.

Di Indonesia hari ini dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.