Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


James Cook - Hawaii dan Botany Bay

James Cook
James Cook (lahir 27 Oktober 1728 – meninggal 14 Februari 1779 pada umur 50 tahun) adalah seorang penjelajah dan navigator Inggris. Ia mengadakan tiga perjalanan ke Samudra Pasifik dan berhasil menentukan garis-garis pantai utamanya. Cook juga membuat peta. Cook adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi Hawaii. Selain itu, dia juga merupakan orang Eropa kedua yang berhasil mencapai Selandia Baru (setelah Abel Tasman) dan berhasil memetakan seluruh garis pantainya. Pada tanggal 29 April 1770, James Cook tiba di Botany Bay, Australia.

Hawaii adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat. Hawaii ditemukan oleh James Cook, seorang penjelajah Inggris pada 10 Januari 1778. Penduduk asli kepulauan Hawaii adalah suku bangsa Polynesia. King Kamehameha I yang terlahir pada tahun 1758, adalah raja besar yang pernah berkuasa atas kepulauan Hawaii sekitar tahun 1810. Dinasti Kamehameha diteruskan oleh keturunannya hingga Kamehameha V, yang mangkat pada 11 Desember 1872, yang merupakan penerus terakhir dinasti Kamehameha.

Botany Bay adalah sebuah teluk di Sydney, New South Wales, beberapa kilometer di selatan distrik bisnis pusat Sydney. Sungai Cooks dan Sungai Georges adalah dua anak sungai utama yang mengalir ke teluk ini. Dua landasan Bandar Udara Sydney memanjang ke teluk ini. Tanggal 29 April 1770, Botany Bay adalah tempat pendaratan pertama HMS Endeavour James Cook di benua Australia, setelah mengelilingi Selandia Baru. Kemudian Britania Raya merencanakan Botany Bay sebagai koloni tahanan.

Koloni tahanan adalah tempat yang digunakan untuk menaruh tahanan dan biasanya menjadikan mereka buruh tahanan. Koloni tahanan yang paling terkenal adalah Pulau Setan di Guiana Perancis. Penjara yang diberikan kejam, dan kadang-kadang juga diberikan hukuman. Selain rencana ini Botany Bay menjadi pendudukan Eropa pertama di Australia di Sydney Cove.

Bukti arkeologis dari pantai Botany bay telah membuktikan pendudukan Aborigin 5.000 tahun yang lalu. Warga Aborigin di Sydney yang dikenal sebagai Eora dengan sub-kelompoknya berasal dari bahasa yang dituturkan mereka. Orang-orang yang menetap antara Sungai Cooks dan Sungai Georges adalah Bidgigal. Di pantai selatan teluk adalah Gweagal. Di pantai utara adalah Kameygal.

Pendaratan James Cook menandakan awal ketertarikan Britania Raya di Australia dan kolonisasi pertama di benua Selatan baru ini. Awalnya nama Sting Ray Harbour digunakan oleh Cook dan penulis jurnal lainnya dalam ekspedisinya, karena ubur-ubur yang mereka tangkap. Nama ini tercatat juga pada catatan Laksamana.

Catatan Cook tanggal 6 Mei 1770 mencatat "Jumlah besar sejenis ikan yang ditemukan di tempat ini menginspirasiku untuk memberi daerah ini nama Stingrays Harbour". Tetapi, dalam jurnalnya (disiapkan dari catatannya), ia mengubahnya menjadi "Jumlah besar tanaman yang ditemukan Tn. Banks dan Dr. Solander di tempat ini menginspirasiku untuk memberi daerah ini nama Botany Bay". Awalnya nama Botanist Bay juga kadang digunakan.

Gubernur Arthur Phillip mengarahkan kapal Armed Tender "Supply" ke teluk ini pada 18 Januari 1788. Dua hari kemudian kapal First Fleet tersisa tiba untuk mendirikan koloni tahanan. Menemukan bahwa tanah berpasir tak subur di tempat ini tidak cocok untuk diduduki, Phillip memutuskan untuk pindah ke pelabuhan alami Port Jackson di utara. Pada pagi 24 Januari, ekspedisi penjelajah Perancis, Jean-François de La Pérouse terlihat di luar Botany Bay.

Tanggal 26 Januari, "Supply" meninggalkan teluk ini menuju Port Jackson. Dijangkarkan di Sydney Cove dan Bendera Britania Raya "Queen Ann" dikibarkan di tepi pantai. Pada sore 26 Januari, kapal tersisa First Fleet tiba di Sydney Cove. Suplai air segar yang baik di daerah ini menghasilkan pertambahan populasi di abad ke-19.

Bandar Udara Sydney, bandara terbesar di Australia, berdiri di sisi baratlaut Botany Bay. Tanah yang direklamasi dari teluk ini memperpanjang landasan pertama utara-selatan dan membangun landasan kedua yang paralel dengannya. Port Botany, di timur bandara, dibangun tahun 1930 dan merupakan terminal kontainer terbesar di Sydney.

Daratan di sekitar tanjung teluk dilindungi oleh National Parks and Wildlife Service sebagai Botany Bay National Park. Di sisi utara mulut teluk terdapat situs bersejarah La Perouse dan di selatan terdapat Kurnell. Pantai barat teluk memiliki banyak pantai terkenal seperti Brighton-Le-Sands. Di sisi selatan teluk, perairannya dipagari atas perintah National Parks and Wildlife Service di Towra Point karena konservasi lingkungan.