Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Polícia Nacional de Timor Leste

Polícia Nacional de Timor-Leste
PNTL (Polícia Nacional de Timor-Leste ) adalah Kepolisian Nasional di Timor-Leste yang bertanggunjawab atas keamanan dalam negeri dan di bawah Kementerian Pertahanan dan Keamanan (Ministério da Defesa e Segurança) khususnya Sekretariat Negara urusan Keamanan (Secretaria de Estado da Segurança). Pada pemerintah sebelumnya PNTL berada di bawah kendali Kementerian Dalam Negeri (Ministério do Interior). PNTL didirikan pada tanggal 27 Maret 2000 ketika Timor-Leste masih berada di bawah administrasi PBB (UNTAET) dengan Komisarisnya adalah Superintendent (Superintendente) Paulo de Fátima Martins. Kini PNTL dipimpin oleh seorang Komandan Jenderal dengan pangkat Komisaris (Comissário) Longuinhos Monteiro.

Longuinhos Rabindranatha Tagore Domingues de Castro Monteiro, S.H. lahir di Maliana Distrik Bobonaro, 20 Desember 1968; umur 44 tahun) adalah Komandan Umum PNTL saat ini dengan pangkat Komisaris (Comissário). Ia dilantik sebagai Komandan Umum PNTL pada tanggal 27 Maret 2009 tepat pada perayaan HUT PNTL yang kesembilan. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Jaksa Agung (Procurador Geral da República). Penunjukkannya menuai banyak protes karena melanggar undang-undang PNTL yang menyebutkan bahwa pengangkatan komandan umum PNTL harus berasal dari dalam institusi PNTL sendiri. Namun kemudian pangangkatannya dilegalkan dengan peraturan pemerintah no 9 /2009 tentang organik kepolisian. yang mana menyebutkan bahwa jabatan Komandan PNTL atas persetujuan dewan menteri. longuinhos adalah sosok yang sangat tegas dan disiplin. pada saat pelantikan ia menyebutkan tiga kunci utama dalam kepemimpinanya yaitu : Disiplin, Pengabdian , dan Kehormatan Institusi.

Longuinhos Monteiro dilahirkan dari ayah seorang dokter [asal India] bernama Longuinhos Xavier de Castro Monteiro dan ibu Rosa Manuela Domingues yang orang asli Timor-Leste. Ia memulai pendidikan dasarnya di Dili hingga menyelesaikan sekolah menengahnya pada tahun 1987. Setelah itu melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum, Universitas Pendidikan Nasional (UNDIKANS) di Denpasar-Bali Indonesia dari tahun 1988 sampai 1994 dengan meraih piagam penghargaan "PARAMITHA SADHUGUNA NUGRAHA" dari Kopertis Wilayah VIII Bali sebagai wisudawan terbaik Fak. Hukum th 1994. Longuinhos merupakan Komandan PNTL yang ketiga. Komandan terdahulu adalah Afonso de Jesus, yang sekarang menjabat sebagai Wakil Komandan PNTL dengan pangkat yang sama yaitu Sub Komisioner (Sub Comissário). Komandan PNTL pertama adalah Paúlo de Fátima Martins, berpangkat Superintendente. Beliau adalah bekas Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Timor-Timur. Kini ia terpilih menjadi anggota Parlemen Nasional dari partai CNRT.

Komisaris PNTL (Comissário da PNTL) adalah jabatan tertinggi di Kepolisian Nasional Timor-Leste (PNTL). Daftar Komisaris PNTL sejak didirikan pada 27 Maret 2000:

Superintendent Paúlo de Fátima Martins
Inspektur Afonso de Jesus (Ad Interim)
Komisaris (Comissário) Longuinhos Monteiro

Sesuai pasal 147 Konstitusi, tugas pokok PNTL adalah mempertahankan legalitas demokrasi dan menjamin dan menjamin keamanan dalam negeri tetapi tidak boleh terlibat dalam Partai Politik.

Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa'e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat. Timor Leste dulu adalah salah satu provinsi di Indonesia, Timor Leste secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur, ketika menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis "Timor Leste" sebagai nama resmi negara mereka.

Kepala Negara Republik Timor Leste adalah seorang presiden, yang dipilih secara langsung dengan masa bakti selama 5 tahun. Meskipun fungsinya hanya seremonial saja, ia juga memiliki hak veto undang-undang. Perdana Menteri dipilih dari pemilihan multi partai dan diangkat/ditunjuk dari partai mayoritas sebuah koalisi mayoritas. Sebagai kepala pemerintahan, Perdana Menteri mengepalai Dewan Menteri atau Kabinet dalam Kabinet Pemerintahan.

Parlemen Timor Leste hanya terdiri dari satu kamar saja dan disebut Parlamento Nacional. Anggotanya dipilih untuk masa jabatan selama lima tahun. Jumlah kursi di parlemen antara 52 dan 65 tetapi saat ini berjumlah 65. Undang-Undang Dasar Timor Leste didasarkan konstitusi Portugal. Angkatan Bersenjata Timor Leste adalah FALINTIL-FDTL (F-FDTL), sedangkan angkatan kepolisiannya adalah PNTL (Polícia Nacional Timor-Leste).