Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Kaleidoskop - Kalender Peristiwa 2012

Kaleidoskop 2012 - Kalender Peristiwa
Kaleidoskop 2012 - Kalender Sejarah dan Peristiwa - Aneka peristiwa yang telah terjadi selama tahun 2012 yang disajikan secara singkat.

18 Januari 2012 - Wikipedia bahasa Inggris dipadamkan selama 24 jam untuk memprotes RUU Anti pembajakan Daring (SOPA) di Amerika Serikat.

Wikipedia tidak omong kosong memprotes undang-undang anti-pembajakan baru di AS. Versi bahasa Inggris situs itu telah dimatikan. Blackout itu akan digelar selama 24 jam oleh Wikipedia. Mereka yang berusaha mengakses Wikipedia bahasa Inggris awalnya akan melihat halaman yang diinginkan, tetapi sekejap kemudian halaman itu ditutupi halaman hitam. Sebuah teks muncul di halaman hitam tersebut. Begini bunyi Terjemahannya:

Bayangkan Sebuah Dunia Tanpa Pengetahuan Bebas : Selama lebih dari satu dekade, kami telah menghabiskan jutaan jam untuk membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia. Kini, Kongres AS mempertimbangkan sebuah perundangan yang bisa berakibat fatal pada kebebasan dan keterbukaan dalam internet. Selama 24 jam, demi meningkatkan kesadaran akan isu ini, kami menggelapkan Wikipedia.

Akankah protes dari Wikipedia, yang juga dilakukan beberapa situs di AS, memiliki dampak besar? - Kompas

2 Februari 2012 - Lebih dari 70 orang tewas dalam kerusuhan pada pertandingan sepak bola di Port Said, Mesir.

Sebanyak 73 orang dilaporkan meninggal dunia dalam kerusuhan usai pertandingan sepakbola di Port Said, Mesir. Sementara itu, seribu orang lainnya dilaporkan luka-luka. Kerusuhan tersebut terjadi usai pertandingan antara Al-Masry melawan Al-Ahli, yang mana berhasil dimenangi Al-Masry dengan skor 3-1, Rabu (1/2/12012) waktu setempat. Setelah pertandingan, para suporter Al-Ahly mulai menginvasi lapangan.

Seperti dilansir Reuters, para saksi mata mengatakan bahwa dalam invasi yang dilakukannya, para suporter Al-Ahli membentangkan banner yang menghina Port Said. Para suporter Al-Masry menanggapinya dengan ikut turun ke lapangan dan menyerang para pemain Al-Ahli dan juga ikut menyerang suporter Al-Ahli di tribun. beberapa di antaranya bahkan menyulut api di tribun.

Sumber yang sama juga menyebutkan bahwa kebanyakan korban meninggal dunia akibat tergencet orang-orang yang panik dan mereka yang terjatuh dari tribun. Sementara itu, pihak medis juga mengonfirmasi bahwa beberapa korban yang jatuh juga berasal dari pihak kepolisian. - Detik

9 Maret 2012 - Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia pada tahun 2012. Pengusaha telekomunikasi Carlos Slim masih berada di posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia.

Taipan asal Meksiko Carlos Slim selama tiga tahun berturut-turut menduduki posisi pertama dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes dengan jumlah kekayaan sebesar 69 miliar dolar AS dari bisnis utamanya di bidang telekomunikasi. Slim yang saat ini berusia 72 tahun merupakan warga Meksiko keturunan Lebanon.

Meski kekayaannya turun dibandingkan tahun lalu yang diperkirakan Forbes bisa mencapai 74 miliar dolar AS, namun harta Slim jauh melebihi pendiri Microsoft yang diperkirakan mencapai tujuh miliar dolar AS tahun ini, demikian menurut laporan Kantor Berita AFP. - Antara

21 April 2012 - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Widjajono Partowidagdo meninggal dunia di Gunung Tambora.

Wakil Menteri ESDM, Wijajono Partowidagdo, meninggal dunia saat mendaki Gunung Tambora, di Nusa Tenggara Barat. Hal ini dikonfirmasikan Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian ESDM, Susyanto, di Jakarta, Sabtu. Kepala Pusat Vulkanologi Kementerian ESDM, Surono, mengatakan, Widjajono lemas saat mendaki Gunung Tambora. Widjojano Partowidagdo meninggal dunia terkena serangan jantung saat melakukan pendakian di Gunung Tambora, Kabupaten Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Wijajono Partowidagdo lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 16 September 1951. Suami Ninasapti Triaswati ini mulanya dilaporkan mengalami kondisi kritis saat melakukan pendakian di gunung tersebut. Ia mendaki sejak Jumat pagi, 20 April 2012, dan mengalami kondisi kritis pagi tadi. - Tokoh Ilmuwan Penemu

9 Mei 2012 - Pesawat Sukhoi Superjet 100 hilang kontak saat terbang di daerah Gunung Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat saat melakukan demo terbang (Joy Flight) di Indonesia pada pukul 14.33 WIB atau 21 menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pesawat Sukhoi Superjet 100 kehilangan kontak pada ketinggian 6.000 kaki setelah lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, kata Humas Basarnas Gagah Prakoso di Jakarta, Rabu. "Lost contact pada ketinggian dari 10.000 kaki - 6.000 kaki," katanya.

Dia menjelaskan, sebelum hilang kontak pesawat teridentifikasi berada pada titik koordinat 0643081064315, di sekitar kawasan Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan juga mengonfirmasi bahwa pesawat hilang kontak saat uji terbang di wilayah Gunung Salak. - Antara

8 Juni 2012 - Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2012 resmi dibuka di Stadion Nasional Warsawa, Polandia.

Upacara pembukaan Piala Eropa 2012 akan digelar pada Jumat, 8 Juni 2012, sekitar pukul 15.30 GMT atau pukul 22.30 WIB. Menurut konseptor upacara pembukaan, Marco Balich, seremoni dijadwalkan berlangsung 20 menit sebelum kick-off pertandingan pembuka Polandia vs Yunani di National Stadium, Warsawa, di hadapan 50 ribu penonton.

"Acara pembukaan akan berlangsung selama 12 menit," kata Balich. Dalam konsep upacara itu, dia mengaku menggabungkan kebudayaan dan olahraga. - Tempo

27 Juli 2012 - Olimpiade Musim Panas tahun 2012 secara resmi dibuka di London, Inggris.

Upacara pembukaan olimpiade musim panas 2012 yang digelar di Kota London, Inggris, Jumat (27/7) malam waktu setempat, atau Sabtu dini hari waktu Indonesia, berlangsung meriah. Upacara pembukaan dikemas cerita tentang sejarah terbentukanya kebudaayaan Inggris, mulai dari abad 18-an hingga zaman modern, dimana banyak tokoh populer muncul dari tanah Inggris Raya.

Reporter Metro TV Aries Fadilah melaporkan, upacara pembukaan Olimpiade London 2012 itu diawali dengan terbentuknya kebudayaan Inggris Raya di abad 18 hingga awal abad 19. Pada masa itu sebagian besar rakyat Inggris Raya merupakan petani. - Metro

25 Agustus 2012 - Neil Armstrong, astronot Amerika Serikat dan orang pertama yang menjejakkan kaki di Bulan meninggal dunia pada usia 82 tahun.

Neil Armstrong, astronot Apollo 11 yang menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki ke Bulan meninggal dunia dalam usia 82 tahun. Dalam pernyataan yang dikutip Washington Post, pihak keluarga mengatakan Armstrong sebelumnya menderita kompilkasi penyakit setelah menjalani operasi cardiovascular. Meski begitu, keluarga tidak memberitahukan di mana dan kapan Armstrong wafat.

Keluarga Armstong mengganggap mantan astronot ini sebagai suami, ayah, kakek, saudara, dan teman yang penuh cinta. Armstrong yang dikenal lewat kata-kata 'That's one small step for (a) man, one giant leap for mankind' ini dikenal sebagai pahlawan Amerika bersahaja yang dengan rendah hati menyampaikan dirinya hanya melakukan tugas saat berhasil mendarat di Bulan. - Kompas

11 September 2012 - PON 2012 resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Pekanbaru, Riau.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi membuka Pekan Olahraga Nasional XVIII di Pekanbaru, Riau, Selasa (11/9) malam. Dalam sambutannya, Presiden berharap PON dapat mempersatukan indonesia dan melahirkan puncak prestasi olahraga di tingkat nasional.

"Mari kita pertahankan dan tingkatkan prestasi, dengan kebersamaan dan kerja keras kita, Insyaallah kita bisa. PON harus jadi ajang puncak prestasi dan hasil pembinaan olahraga tingkat nasional. PON juga merupakan barometer untuk mengukur keberhasilan daerah dalam pembinaan olahraga yang ditandingkan secara nasional." ucap Presiden SBY. - Metro

15 Oktober 2012 - Joko Widodo dan Basuki Tjahaya Purnama dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD DKI Jakarta.

Setelah sempat tertunda dari jadwal semula 7 Oktober 2012, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terpilih 2012-2017, Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akhirnya dilaksanakan pada Senin, 15 Oktober 2012. Pemilihan jadwal pelantikan itu dirasa memadai sebab dokumen terkait hasil pilkada dari DPRD DKI sudah diterima Mendagri. Surat ini langsung ditindaklanjuti dengan usulan pengangkatan kepada Presiden.

Kepastian jadwal pelantikan itu disampaikan secara resmi oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Inggar Joshua kepada wartawan. Gubernur dan Wakil Gubernur DKI periode 2007-2012, Fauzi Bowo dan Prijanto juga diundang dalam acara pelantikan ini.- Jokowi

7 November 2012 - Barack Obama terpilih kembali menjadi Presiden Amerika Serikat untuk masa jabatan kedua kalinya.

Menurut hasil penghutungan suara, Presiden Barack Obama – Presiden kulit berwarna pertama Amerika Serikat (AS) telah mencapai kemenangan dalam kompetisi masuk ke dalam Gedung Putih untuk kali kedua. Demikian, Barack Obama akan terus memegang jabatan sebagai Presiden dan Panglima Tertinggi Tentara AS untuk masa bakti 4 tahun (2013- 2016).

Barack Obama mencapai 303 suara elektor, sementara itu, lawannya dari Partai Republik Mitt Romney hanya mencapai 206 suara elektor. Demikian, Barack Obama menjadi tokoh kedua dari Partai Demokrat yang memegang jabatan sebagai Presiden untuk dua masa bakti yang berturut-turut. Dengan kemenangan ini, Presiden yang terpilih kembali Barack Obama telah mendapat banyak ucapan selamat dari pemimpin beberapa negara di dunia. arack Obama akan menyatakan dilantik untuk masa bakti kedua pada 20 January 2013. - VOVworld

7 Desember 2012 - Andi Mallarangeng mengundurkan diri sebagai Menpora, terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan sarana olahraga Hambalang di Bogor, Jawa Barat.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi memberikan pernyataan terkait status hukum yang dikenakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng. Andi dicekal dan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek Hambalang. Pada Jumat (7/12/2012) pagi tadi, Andi mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menpora.

Presiden mengatakan, ia menerima pengunduran diri Andi. "Setelah mendengar dengan saksama dan membaca surat pengunduran diri yang bersangkutan, saya menerima dan menyetujui usulan pengunduran diri itu," kata Presiden dalam keterangan pers di Istana Negara, Jakarta siang ini. - Kompas