Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Ekspedisi Pertama ke Kutub Selatan

Ekspedisi Pertama ke Kutub Selatan
Pada 14 Desember 1911, penjelajah berkebangsaan Norwegia Roald Amundsen, menjadi manusia pertama yang berhasil menjelajahi Kutub Selatan (Antarktika). Bersama empat temannya untuk kali pertama berhasil mengalahkan keganasan alam Kutub Selatan yang hampir seluruh bagian wilayah kutub tersebut diselimuti es tebal. Tekad yang kuat dan persiapan yang matang telah berhasil membuat Amundsen berhasil menjadi orang pertama yang tiba di Antartika.

Kutub Selatan (geografis) ialah ujung selatan bumi (90° S), merupakan sumbu bumi. Penemu kutub asal Norwegia Roald Amundsen ialah orang pertama yang menemukan Kutub Selatan pada 14 Desember 1911. Sekarang terdapat banyak stasiun penelitian di Kutub Selatan. Kutub Selatan magnetis ialah ujung medan magnet yang lurus menembus pusat bumi. Karena adanya sumbu itulah bumi berputar. Pada 1985 diketahui Kutub Selatan magnetis ada di 65°S 140°T.

Kutub selatan disebut juga antartik, dan kutub selatan merupakan wilayah di dunia yang belum terjamah oleh manusia seutuhnya, karena kutub selatan tidak semuanya tersinari oleh matahari dan pinguin adalah makhluk hidup yang banyak tinggal di sini. Penguin atau pinguin (ordo Sphenisciformes, famili Spheniscidae) adalah hewan akuatik jenis burung yang tidak bisa terbang dan secara umum hidup di belahan Bumi selatan. Di seluruh dunia terdapat 16 spesies penguin tergantung pada apakah dua spesies Eudyptula dihitung juga sebagai spesies.

Walaupun seluruh jenis penguin awalnya berasal dari belahan bumi selatan, namun penguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin atau di Antartika saja. Terdapat tiga spesies penguin yang hidup di daerah tropis. Salah satu spesies hidup di Kepulauan Galapagos (Penguin Galapagos) dan biasanya menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan. Spesies penguin terbesar adalah Penguin Kaisar (Aptenodytes forsteri) dengan tinggi mencapai 1,1 meter dan berat 35 kilogram atau lebih.

Roald Engelbregt Gravning Amundsen (16 July 1872 – 18 June 1928) adalah seorang Penjelajah Wilayah kutub berkebangsaan Norwegia. Ia memimpin eskpedisi Antarktika pertama untuk mencapai Kutub Selatan antara 1910 dan 1912. Ia merupakan orang pertama yang mencapai kedua Kutub Utara dan Selatan. Ia juga dikenal sebagai orang pertama yang melewati Perlintasan Barat Laut. Ia menghilang di Juni 1928 ketika berpartisipasi dalam sebuah misi penyelamatan di Laut Barents.

Amundsen bersama Douglas Mawson, Robert Falcon Scott dan Ernest Shackleton, merupakan para pemimpin ekspedisi kunci selama Zaman Heroik Penjelajahan Antarktika. Dia dilahirkan dalam sebuah keluarga pemilik kapal dan kapten-kapten kapal. Terinspirasi oleh penyeberangan Greenland yang dilakukan Fridtjof Nansen pada 1888, dia memutuskan untuk menjalani hidup menjelajahi dunia. Amundsen adalah orang pertama yang mencapai Kutub Selatan. Pada 14 Desember 1911, dia tiba di Kutub Selatan bersama rekan-rekannya. Robert Falcon Scott, seorang Inggris, tiba 35 hari kemudian.

Pria kelahiran 16 Juli 1872 itu sebelum memutuskan menjadi penjelajah alam adalah seorang mahasiswa kedokteran di salah satu universitas di Norwegia. Akan tetapi, jiwa petualangannya yang sangat tinggi membuat dia memutuskan untuk berhenti kuliah. Pada 1897-1899, dia pun bergabung dengan tim penjelajah alam lainnya dalam misi “Belgian Antarctic Expedition”. Ini merupakan langkah awal bagi dirinya untuk menaklukkan Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Sebagai awal penjelajahannya, dia memulai perjalanannya di daerah Norwegia yang memang dekat dengan kutub utara. Lalu, dia melanjutkan penjelajahannya ke Kutub Utara. Dia berharap dapat menjadi penjelajah pertama yang mencapai Kutub Utara. Namun, sebelum misinya itu tercapai, pada September 1909 tersiar kabar bahwa dua warga Amerika, Robert Peary dan Frederick Cook telah berhasil mencapai Kutub Utara. Hal ini menyebabkan Amundsen menunda ekspedisinya ke Kutub Utara dan mengantinya menjadi ekspedisi menaklukkan Kutub Selatan

Untuk sampai ke benua Antartika seseorang harus menyeberangi ribuan mil perairan kasar, gunung es, dan cuaca yang super dingin, atau hal-hal yang bahkan lebih buruk. Antartika adalah benua terkering dan terdingin, benua terpencil, berangin dan peningkatan iklim tertinggi di Bumi. Tidak ada pohon, tidak ada sungai, tidak ada kota-kota dan hanya ada sedikit kehidupan. Bahkan saat ini, dengan semua teknologi, banyak bagian benua ini belum diselidiki dan misterius. Dibutuhkan orang yang berani untuk menaklukkan negeri ini.

Amundsen adalah penjelajah kutub paling terkenal dalam sejarah, dan memiliki perbedaan yang unik menjadi orang pertama yang mencapai kedua kutub, utara dan selatan dalam hidupnya. Ekspedisi kutub selatan Amundsen cukup lancar menggunakan kereta luncur anjing. Dia dan anak buahnya berjalan kaki melintasi ratusan mil dari daerah pegunungan yang benar-benar belum diselidiki dan mereka menanam bendera mereka di kutub selatan pada 14 Desember 1911.

Amundsen meninggalkan catatan untuk dibaca Scott: Dear Captain Scott - Seperti yang Anda mungkin yang pertama untuk menjangkau daerah ini setelah kami, aku akan meminta Anda untuk baik meneruskan surat ini kepada Raja Haakon VII. Jika Anda dapat menggunakan salah satu artikel yang tersisa di tenda jangan ragu untuk melakukannya. kereta luncur kiri di sekitar mungkin akan berguna bagi Anda. Hormat Saya berharap Anda kembali aman. Hormat kami, Roald Amundsen.

Amundsen hanya memimpin yang satu ekspedisi ke kutub, tapi menghabiskan sisa hidupnya sampai ia menghilang menjelajahi dekat Pulau Bear sambil membantu dalam misi penyelamatan.... Daftar ekspedisi : Palmer 1820, Roald Amundsen 14 Desember 1911, Scott 17 Januari 1912, Byrd 29 Nopember 1919 dan Fuchs 20 Januari 1968.