Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Peluncuran Pertama Pesawat Soyuz

Penerbangan tak berawak pertama Soyuz
Soyuz (Союз, persatuan) adalah sebuah rangkaian pesawat luar angkasa atau wahana antariksa yang dirancang oleh Sergey Korolev untuk program luar angkasa Uni Soviet. Wahana antariksa merupakan sebuah kendaraan yang mengudara untuk penjelajah luar angkasa. Yang disebut wahana antariksa termasuk probe angkasa robot atau tak berawak dan juga kendaraan berawak. Istilah ini kadangkala juga digunakan untuk menjelaskan satelit buatan, yang memiliki kriteria rancangan yang mirip. Soyus melanjutkan rancangan pesawat Voskhod dan awalnya dibangun sebagai bagian dari program Luna. Peluncuran pertama pesawat Soyuz tak berawak adalah pada tanggal 28 November 1966 sementara penerbangan berawak pertamanya terjadi pada 23 April 1967.

Awalnya Vostok (Восток, "Timur") adalah sejenis pesawat luar angkasa yang dibangun program luar angkasa Uni Soviet untuk penerbangan luar angkasa berawak. Vostok terdiri dari modul penurunan bulat (massa 2,46 ton, diameter 2,3 meter), yang berisi para kosmonot, peralatan dan sistem pintu darurat, dan sebuah modul peralatan berbentuk kerucut (massa 2,27 ton, panjang 2,25 m, lebar 2,43 m), ayng berisi pelontar (propellant) dan sistem mesin Vostok. Saat reentry, para kosmonot akan dilontarkan keluar dari pesawat pada ketinggian sekitar 7.000 m dan turun dengan parasut, sementara kapsulnya akan mendarat terpisah.

Pesawat Vostok awalnya dirancang sebagai platform kamera (untuk program satelit mata-mata Soviet yang pertama Zenit) dan juga sebagai pesawat berawak. Rancangan dwifungsi ini terbukti penting dalam memberikan dukungan kepada Partai Komunis terhadap program ini. Rancangan dasar Vostok telah bertahan dan digunakan selama empat puluh tahun, dan secara perlahan-lahan diadaptasikan untuk berbagai jenis satelit tak berawak.

Rancangan modul penurunan digunakan ulang, dalam bentuk yang banyak berubah, oleh program Voskhod. Ada beberapa model Vostok sebelum versi berawaknya:

Vostok 1K - pesawat konsep. Digunakan untuk mencoba sistem-sistem dasar dan membuktikan konsep.
Vostok 2K - pesawat pencitraan foto dan intelijen sinyal. Dinamakan ulang Zenit-2.
Vostok 3K - Pesawat berawak.

Voskhod (Восход, "Terbitnya Matahari") adalah sebuah pesawat luar angkasa yang dibangun oleh program luar angkasa Uni Soviet untuk penerbangan berawak. Voskhod adalah pengembangan dari dan lanjutan dari pesawat Vostok. Voskhod dibawa menuju orbit dengan roket Voskhod, yang juga dikembangkan dari roket Vostok dan pada akhirnya dari rudal balistik antarbenua R-7.

Program Luna (dari kata Rusia "Luna" yang berarti "Bulan"), kadang disebut Lunik atau Lunnik, adalah serangkaian misi luar angkasa tak berawak ke Bulan milik Uni Sovyet antara 1959 dan 1976. Tiap wahana terdiri dari dua bagian, orbiter dan pendarat, dengan lima belas missi di antaranya sukses, dan seringkali menjadi 'yang pertama' dalam penjelajahan antariksa. Misi-misi tersebut juga melaksanakan banyak eksperimen, mempelajari komposisi kimia, gravitasi, suhu, dan radiasi Bulan. Dua puluh empat wahana antariksa secara resmi diberi nama Luna, meskipun jumlah yang diluncurkan lebih banyak dari itu. Misi-misi yang gagal mengorbit tidak diumumkan di depan umum pada saat itu dan tidak diberi nomor sebagai bagian dari program Luna, dan misi-misi yang gagal di orbit rendah Bumi biasanya diberi nama Cosmos. Perkiraan biaya Program Luna adalah sekitar 4,5 miliar dollar.

Pesawat-pesawat Soyuz diluncurkan dengan roket Soyuz, sebagai bagain dari program Soyuz dan program Zond yang lebih baru. Roket peluncur Soyuz adalah sebuah sistem peluncuran yang didesain Biro Desain Korolev (Uni Soviet) dan digunakan untuk meluncurkan pesawat luar angkasa Soyuz, sebagai bagian dari program Soyuz. Meskipun begitu, roket Soyuz sebenarnya adalah peluncur kegunaan umum yang mempunyai fungsi-fungsi lain, termasuk peluncuran pesawat luar angkasa kargo dan peluncuran komersial yang dioperasikan TSeEsKAbe dan perusahaan Starsem.

Ada 11 peluncuran Soyuz pada tahun 2001 dan 9 pada 2002. Roket Soyuz diluncurkan dari Kosmodrom Baykonur di Kazakstan dan Kosmodrom Plesetsk di sebelah barat laut Rusia. Roket-roket Soyuz dibuat di Samara, Rusia. Peluncur Soyuz diperkenalkan pada 1966, berdasarkan roket Vostok, yang sendiri dibuat berdasarkan 8K74 atau rudal balistik antarbenua R-7a. Soyuz awalnya adalah roket tiga-tahap dengan Blok I sebagai tahap teratas. Varian Molniya kemudian dibuat dengan menambahkan tahap keempat, memperbolehkannya mencapai orbit yang sangat oval. Selain itu ada pula varian yang lebih baru bernama Soyuz U.

Pesawat-pesawat Soyuz kemudian digunakan untuk mengangkut para kosmonot dari dan ke stasiun luar angkasa Salyut, Mir dan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Kosmonot (Rusia) atau Antariksawan (lazim disebut astronot) adalah sebutan bagi orang yang telah menjalani latihan dalam program penerbangan antariksa manusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa. Istilah "astronot" juga kadang digunakan untuk merujuk secara spesifik kepada antariksawan yang berasal dari Amerika Serikat atau negara sahabat, berbeda dengan seorang kosmonot yang berasal dari Uni Soviet/Rusia. Kosmonot pertama adalah Yuri Gagarin. Semenjak tahun 2003 dikenal pula istilah taikonot (meski bukan istilah resmi pemerintah Tiongkok), antariksawan dari Tiongkok. Taikonot pertama adalah Yang Liwei.