Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Single Day 11 November Hari Jomblo Sedunia

Single Day 11 November Hari Jomblo SeduniaSingles Day atau Hari Lajang adalah hari libur Tiongkok, yang merupakan perayaan bagi orang lajang yang terjadi selama tahun 1990-an. Dalam bahasa Cina, ini disebut 光棍节 (ɡuānɡ ɡùn jié). 光棍 mengacu pada mereka yang lajang, sementara 节 berarti festival. Seperti namanya, ini adalah festival milik semua lajang yang belum menikah atau yang tidak punya pacar. Ini sangat populer di kalangan anak muda yang bangga akan status lajang mereka.

Single Day atau Hari Jomblo Sedunia diperingati setiap 11 November. Di Cina, hari ini diperingati sebagai hari libur untuk membantu para lajang menunjukkan kebanggaan mereka menjadi lajang. Ada beberapa versi yang menyebutkan asal-usul 11 November sebagai Single Day. 

Versi pertama, tanggal ini dipilih oleh para mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing China. Menurut mereka, tanggal 11/11 terlihat seperti sekelompok orang. Tanggal ini harus dirayakan bersama. Tanggal 11/11 dengan cepat berkembang menjadi hari libur yang menyenangkan dan tidak resmi dimana para lajang di seluruh Cina memanjakan diri dengan makan malam yang enak dan berbelanja. 

Versi lainnya menyebutkan, Single Day yang juga dikenal sebagai 11.11 atau Double 11 awalnya dibuat oleh Alibaba untuk merayakan yang tidak terikat, sebuah antitesis dari orang-orang yang terlibat asmara di Hari Valentine. Saingan belanja online Alibaba, JD.com, mengadakan acara serupa tetapi Hari Jomblo Alibaba lebih besar dalam hal penjualan barang dan pendapatan. 

Dari akar yang sederhana itu, Single Day telah menjadi satu-satunya hari libur belanja online paling menguntungkan di dunia, dengan penjualan mencapai $25 miliar pada tahun 2017, dengan mudah melampaui gabungan Black Friday dan Cyber Monday. 

Peringatan Single Day 11 November di Cina Hari Jomblo Sedunia pada 11 November adalah acara belanja online 24 jam terbesar di dunia, dengan 1,9 miliar produk dipesan dan dikirim pada tahun lalu. Akan tetapi, diperkirakan pembelian di tengah pandemi akan memecahkan rekor baru. 

Tahun ini, Singles Day dimulai lebih awal dengan penjualan online antara 1-3 November untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari konsumen Cina. Puncaknya, pada 11 November hari ini akan ada lebih dari 350.000 merek lokal dan internasional dan bahkan termasuk mobil dan rumah untuk dijual. Sejarah Hari Jomblo Singles Day yang Jadi Harbolnas 11 November