Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Sejarah Awal Tarian Lindy Hop di Amerika

Sejarah Awal Tarian Lindy Hop di Amerika oleh Frankie ManningLindy Hop merupakan jenis tarian yang dipopulerkan seorang penari dan koreografer asal Amerika Serikat yakni Frankie Manning. Ia dianggap sebagai pendiri dari tarian Lindy Hop dan menjadi tarian selebrasi Lindy Hooper terkenal sepanjang masa. Frankie Manning merupakan orang yang menciptakan tarian Lindy Hop, tarian Amerika yang jaya pada tahun 1920 di New York, hari ini sedang memperingati hari lahirnya ke 102 tahun. Lindy hop merupakan tarian Amerika yang berkembang di Harlem, New York City, pada tahun 1920 dan 1930-an dan awalnya berkembang dengan jazz musik saat itu. Tarian ini sangat populer pada era swing dari akhir 1930-an dan awal 1940-an. Lindy adalah perpaduan dari banyak tarian yang mendahuluinya atau yang populer selama perkembangannya tetapi terutama didasarkan pada jazz, tap, memisahkan diri dan Charleston. Hal ini sering digambarkan sebagai tari jazz dan merupakan anggota dari tari ayunan keluarga.

Dalam perkembangannya, Lindy hop elemen gabungan dari kedua bermitra dan solo menari dengan menggunakan gerakan dan improvisasi dari tarian hitam bersama dengan struktur delapan hitungan formal Eropa tarian mitra . Hal ini paling jelas digambarkan dalam langkah dasar Lindy, yang swingout . Dalam langkah ini posisi terbuka , setiap penari umumnya terhubung tangan-ke-tangan; di nya posisi tertutup, laki-laki dan perempuan yang terhubung seakan dalam pelukan. Ada minat baru dalam tari pada 1980-an dari Amerika, Swedia, dan penari Inggris dan hop Lindy sekarang diwakili oleh penari dan longgar berafiliasi organisasi akar rumput di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Oseania. Lindy hop kadang-kadang disebut sebagai tari jalanan , mengacu pada improvisasi dan sifat sosial.

Sejarah Awal Tarian Lindy Hop di Amerika oleh Frankie ManningManning memulai debut menari dengan membentuk sebuah kelompok menari yang disebut 'Whitey's Lindy Hoppers". Ia mulai memperkenalkan tarian Lindy Hop dan melakukan tur secara ekstensif dan juga membuat beberapa film. Ia juga pernah menari dengan Norma Miller, yang kemudian dikenal sebagai Ratu Bergoyang. Sejak masih berusia tiga tahun Manning telah gemar menari, terlebih lagi ketika ayahnya harus berpisah dengan ibunda tercintanya pada tahun 1930-an. Ia semakin kerap menari sebagai cara Frankie untuk menghibur dirinya sendiri serta ibunya. Ketika beranjak dewasa, ia memulai karir menarinya di Renaissance Ballroom, New York ditemani sang ibunda yang membantunya mendekorasi ruangan ballroom.

Frankie Manning telah mewariskan tarian yang selalu eksis yakni Lindy Hop, namanya juga masuk di dalam daftar National Museum of Dance's Mr & Mrs. Cornelius Vanderbilt Whitney Hall of Fame pada tahun 2009. Sebagai bentuk penghormatan lainnya, nama Frankie dijadikan nama pada sanggar tari Frankie Manning dan nama sebuah jalan di desa Herräng, di Swedia, sebagai bentuk hadiah dari kotamadya Norrtälje untuk perayaan ke 30 tahun Herräng Dance Camp. Sebagai bentuk penghormatan yang ditujukan untuk Frankie Manning, maka Google menampilkan gambar Doodle dua orang yang sedang menari diiringi musik Jazz. Lahir di Jacksonville, Florida, Amerika Serikat pada tanggal 26 Mei 1914 silam, Frankie meninggal dunia pada tanggal 27 April 2009 di Manhattan pada usia 92 tahun.