Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Mundaneum - Lembaga Manajemen Data

Mundaneum - Lembaga Manajemen Data Wikipedia IndonesiaMundaneum adalah sebuah lembaga yang diciptakan pada tahun 1910, menyusul inisiatif dimulai pada tahun 1895 oleh pengacara Belgia Paul Otlet dan Henri La Fontaine, sebagai bagian dari pekerjaan mereka pada ilmu dokumentasi. Ini bertujuan untuk mengumpulkan semua dunia pengetahuan dan mengklasifikasikan sesuai dengan sistem yang mereka dikembangkan disebut Universal Decimal Classification. Otlet dan La Fontaine menyelenggarakan Konferensi Internasional Asosiasi Internasional yang merupakan asal dari Uni Asosiasi Internasional (UIA). Mundaneum telah diidentifikasi sebagai tonggak dalam sejarah pengumpulan data dan manajemen, dan sebagai prekursor ke internet.

Otlet dianggap proyek sebagai pusat dari baru 'city'-dunia pusat yang akhirnya menjadi arsip dengan lebih dari 12 juta kartu indeks dan dokumen. Beberapa menganggapnya sebagai pendahulu dari Internet (atau, mungkin lebih tepat, proyek pengetahuan sistematis seperti Wikipedia dan WolframAlpha) dan Otlet dirinya memiliki mimpi bahwa suatu hari, entah bagaimana, semua informasi yang ia kumpulkan bisa diakses oleh orang-orang dari kenyamanan rumah mereka sendiri.

Pamflet Inggris diterbitkan pada tahun 1914 digambarkan:

The International Centre menyelenggarakan koleksi di seluruh dunia penting. Koleksi ini Museum Internasional, Perpustakaan Internasional, International bibliografi katalog dan Dokumenter Arsip Universal. Koleksi ini dipahami sebagai bagian dari satu tubuh universal dokumentasi, sebagai survei ensiklopedis pengetahuan manusia, sebagai gudang intelektual besar buku, dokumen, katalog dan benda ilmiah. Didirikan sesuai dengan metode standar, mereka terbentuk dengan merakit semua koperasi bahwa asosiasi yang berpartisipasi dapat mengumpulkan atau mengklasifikasikan. Erat konsolidasi dan terkoordinasi di seluruh bagian mereka dan diperkaya oleh duplikat dari semua karya pribadi di mana pun dilakukan, koleksi ini akan cenderung semakin untuk membentuk representasi permanen dan lengkap dari seluruh dunia (Uni Asosiasi Internasional, 1914, hal. 116).

The Mundaneum awalnya bertempat di Palais du Cinquantenaire di Brussels (Belgia). Otlet menugaskan arsitek Le Corbusier merancang proyek Mundaneum akan dibangun di Jenewa, Swiss pada tahun 1929. Meskipun tidak pernah dibangun, proyek dipicu The Mundaneum Affair, argumen teoritis antara Corbusier dan Republik kritikus dan arsitek Karel Teige.

Ketika Nazi Jerman menginvasi Belgia pada tahun 1940, yang Mundaneum digantikan dengan sebuah pameran seni Reich Ketiga, dan beberapa bahan hilang. The Mundaneum dilarutkan di sebuah bangunan besar tapi jompo di Taman Leopold. Ini tetap ada sampai terpaksa pindah lagi pada tahun 1972. The Mundaneum sejak itu telah dipindahkan ke sebuah department store 1930 dikonversi di Mons (Wallonia), di mana museum yang ada dibuka pada tahun 1998.