Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


27 Oktober - Pelantikan Menteri Kabinet Jokowi

Presiden Joko Widodo akan melantik menteri Kabinet Kerja di Istana, Senin, 27 Oktober 2014. Sejumlah menteri telah tiba di Istana, antara lain Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Menteri Hukum dan HAM Yasona Hamonangan Laoly. Mereka kompak mengenakan baju batik berwarna cokelat sogan. "Mereka memang disuruh menggunakan batik warna dasar cokelat tapi motifnya terserah," kata mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto di Kompleks Istana.

Selain Yasona dan Ryamizard, menteri yang sudah hadir adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki H, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Para menteri ini datang diantar oleh keluarga. "Karena suami dan orang tua saya sudah meninggal, saya diantar empat orang anak," kata Khofifah.

Susunan kabinet yang akan membantu Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi diumumkan Ahad sore, 26 Oktober 2014. Ada angin segar bagi keterwakilan perempuan dalam kabinet yang diberi nama Kabinet Kerja ini. Delapan perempuan menduduki jabatan menteri dan 26 pria. Jumlah ini lebih banyak daripada di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yang hanya menempatkan empat menteri perempuan.

Salah satu nama perempuan yang menjadi menteri di kabinet ini adalah Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Susi, kata Jokowi, memulai usahanya dari nol yakni melalui usaha perikanan. "Saya yakin dia memiliki terobosan di bidang kelautan dan perikanan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Ahad, 26 Oktober 2014.(Baca:Pengepul Ikan Ini Jadi Menteri Kelautan)

Berikut adalah nama-nama menteri perempuan dalam Kabinet Kerja 2014-2019:

1. Menteri Kelautan dan Perikanan: Susi Pudjiastuti
2. Menteri Luar Negeri: Retno Lestari Priansari Marsudi
3. Menteri BUMN: Rini M. Soemarno
4. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Siti Nurbaja
5. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Puan Maharani
6. Menteri Kesehatan: Nila F. Moeloek
7. Menteri Sosial: Khofifah Indar Parawansa
8. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Yohanan Yambise

Sedangkan di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yang dipimpin Susuilo Bambang Yudhoyono selama 2009-2014, hanya ada empat nama perempuan sebagai menteri saat itu. Yaitu Nafsiah Mboi, sebagai Menteri Kesehatan, Armida Alisjahbana, sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Mari Elka Pangestu, menjabat Menteri Pariwisat dan Ekonomi Kreatif, dan Linda Gumelar, sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.