Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Pilpres 9 Juli 2014 - Penghitungan Suara Luar Negeri

Pilpres atau Pemilihan Presiden digelar 9 Juli 2014. Penghitungan Suara Pilpres Luar Negeri pun dilaksanakan Serentak 9 Juli juga. Meski pemungutan suara di luar negeri lebih awal lima hari dibanding Indonesia, tapi penghitungan perolehan suara tetap akan dilakukan serentak dengan di dalam negeri, yaitu pada Rabu (9/7).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri menjadwalkan pemungutan suara Pilpres 2014 di luar negeri berlangsung sejak 4 hingga 6 Juli. Hari ini di gelar di 72 Panitia Pemilhan Luar Negeri (PPLN) dari total 130 kantor perwakilan. Sebanyak 40 perwakilan baru akan melaksanakan pemilihan di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) pada Minggu (6/7). Sedangkan 19 PPLN di 15 negara sudah selesai melaksanakan pencoblosan pada Jumat (4/7).

Jadwal pemungutan surat suara tersebut dikutip dari laman kpu.go.id, Sabtu (5/7) yang dituangkan KPU Pusat dalam SK KPU Nomor 462/Kpts/KPU/Tahun 2014 tentang Hari dan Tanggal Pemungutan Suara untuk Pilpres 2014 di 130 PPLN. Dalam SK ini juga disebutkan penghitungan perolehan suara tetap berlangsung serentak dengan di dalam negeri pada Rabu (9/7).

Begitu juga dengan aturan atau tata cara pemungutan suara di luar negeri melalui TPSLN sama dengan di Indonesia. Bedanya, lagi-lagi hanya soal waktu. Di luar negeri digelar pukul 08.00-18.00, dan lokasi TPSLN biasanya diadakan di KJRI atau pusat kota yang mudah dijangkau oleh WNI. Dengan kondisi TPSLN yang terbatas tersebut, KPU mensiasatinya dengan melaksanakan pencoblosan pada hari libur. Tujuannya, mendorong WNI di luar negeri tetap dapat hadir ke tempat pemungutan suara untuk menggunakan hak suara mereka.

Untuk WNI yang bermukim di jazirah Arab, sebagian besar libur Jumat, di Eropa Sabtu, dan di Asia Timur Minggu,’’ ujar Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di kantor KPU, Jumat (4/7). Selanjutnya kata Ferry, rekapitulasi hasil pemungutan suara melalui pos atau dropbox dijadwalkan KPU pada 10–14 Juli 2014. Setelah rekapitulasi selesai, hasil pemungutan suara dikirim ke Indonesia.

Sesuai SK KPU tentang Hari dan Tanggal Pemungutan Suara untuk Pilpres 2014, diketahu PPLN yang sudah melangsungkan pemungutan suara (Jumat, 4 Juli) adalah Abu Dhabi, Addis Ababa, Alger, Amman, Dhaka, Doha, Dubai, Havana, Jeddah, Khartoum, Kuwait, Kyiv, Manama, Maputo, Moskow, Muscat, Riyadh, Sana'a dan Teheran.

Sedangkan hari ini(Sabtu, 5 Juli) digelar di Lagos, Ankara, Antananarivo, Astana, Baghdad, Baku, Bangkok, Beograd, Berlin, Bern, Bogota, Bratislava, Brussel, Bucharest, Budapest, Buenos, Aires, Canberra, Cape, Town, Caracas, dan Colombo, Dakar, Darwin, Davao City, Den Haag, Dili, Frankfurt, Hamburg, Helsinki, Houston, Istanbul.

Berikunya Johor Baru, Kaboul, Kairo, Karachi, Kopenhagen, Kuala Lumpur, Lima, London, Los Angeles, Melbourne, Mumbai, Nairobi, New Delhi, New York, Oslo, Ottawa, Panama City, Paramaribo, Praha, Pretoria, Rabat, San Fransisco, Santiago dan Sarajevo, Sofia, Songkhia Stockholm Suva Sydney Tashkent Toronto Tripoli Tunis Vancouver Vanimo Vientianne Warsawa Washington DC Wellington Wina Windhoek Zagreb.

Keesokan harinya (Minggu, 6 Juli) akan digelar di Athena, Beijing, Beirut, Brasil, BS Begawan, Chicago, Damascus, Dar Es Salam, Guangzhou, Hanoi, Harare, Ho Chi Minh, Hong Kong. Selanjutnya adalah Islamabad Kota Kinabalu, Kuching, Lisabon, Madrid 19. Berikutnya Manila, Marseille, Mexico City, Noumea, Osaka, Paris, Penang, Perth, Phnom Penh, Port Moresby, Pyong Yang, Quito, Roma, Seoul, Shanghai, Singapura, Taiwan, Tawau, Tokyo, Vatikan dan Yangoon. - Antara