Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Pelantikan Presiden Filipina Corazon Aquino

Maria Corazon Sumulong Cojuangco Aquino (lahir di Paniqui Tarlac, Filipina, 25 Januari 1933 – meninggal di Makati, 1 Agustus 2009 pada umur 76 tahun), dikenal luas dengan 'Cory Aquino' adalah Presiden Filipina pada 1986 – 1992.

Dialah wanita Asia pertama yang tampil sebagai presiden wanita di dunia. Wanita ini adalah istri dari tokoh oposisi yang populer, senator Benigno Aquino Jr.

Suaminya terbunuh sesaat setelah mendarat di Bandara Internasional Manila ketika kembali ke negaranya pada 21 Agustus 1983. Ia kemudian difigurkan oleh kalangan oposisi untuk menentang kekuasaan otokratik yang dilakukan Presiden Ferdinand Marcos.

Benigno Simeon Aquino, Jr. (lahir diConcepcion, 27 November 1932 – meninggal di Manila, 21 Agustus 1983 pada umur 50 tahun) adalah salah satuSenator Filipina.

Ia mengawali karier politik sebagai wali kota Concepcion. Sebelumnya ia menjadi wartawan di Manila Times. Ia adalah suami dari Presiden Corazon Aquino.

Sesaat setelah turun, ia diberondong dengan pistol. Orang yang tertembak di sebelahnya dinyatakan sebagai penembaknya. Diduga tentara yang melakukan aksi tersebut.