Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Earth Hour - 1 Jam Matikan Lampu

Earth Hour - Jam Bumi
Jam Bumi (Inggris: Earth Hour) adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Jam Bumi dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 ketika 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu. Setelah Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun 2008. Earth Hour 2012 akan dilaksanakan pada 31 Maret 2012 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.

Earth Hour 2012 dilaksanakan pada 31 Maret 2012. Earth Hour 2011 dilaksanakan pada 26 Maret 2011. Earth Hour 2010 diadakan pada pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat tanggal 27 Maret. Di Israel, Earth Hour diadakan pada 22 April. Earth Hour 2010 disebut-sebut sebagai Earth Hour terbesar yang bertujuan mendapatkan lebih banyak peserta dibanding satu milyar orang pada Earth Hour 2009. 126 negara berpartisipasi dalam Earth Hour 2010. Di Amerika Serikat, survei menunjukkan bahwa sekitar 90.000.000 warga Amerika Serikat berpartisipasi dalam Earth Hour ketika lampu dipadamkan di seluruh negara ini, termasuk markah tanah seperti Mount Rushmore, Las Vegas Strip, Empire State Building dan Air Terjun Niagara.

Earth Hour akan dilakukan secara rutin, yaitu ketika kota-kota dan markah tanah menerapkan prinsip utama memadamkan lampu sebagai aktivitas harian mereka. Di Chicago, Bulding Owners and Managers Association (BOMA) membuat petunjuk penerangan untuk mengurangi polusi cahaya dan mengurangi jejak karbon di bangunan-bangunan pusat kota. Mount Rushmore di South Dakota mulai memadamkan lampu setiap malam pada pukul 21.00 dibandingkan 23.00 seperti biasanya. Di Vietnam, permintaan listrik turun 500.000 kWh selama Earth Hour 2010, jumlah ini tiga kali lebih besar dibandingkan ketika negara ini pertama kali berpartisipasi tahun 2009. Di Filipina, 1.067 kota dan lebih dari 15 juta warga Filipina berpartisipasi pada tahun 2010.

Sekitar 4000 kota turut ambil bagian, termasuk bangunan terkenal seperti Big Ben, Empire State Building, Sydney Opera House, Menara Eiffel, Parthenon, Gerbang Brandenburg, dan Kota Terlarang. Duta selebriti Earth Hour yang ikut mempromosikan kegiatan ini adalah:

Uskup Besar Desmond Tutu (penerima Hadiah Nobel dari Afrika Selatan)
Helen Clark (mantam Perdana Menteri Selandia Baru, ketua UNDP)
Valdas Adamkus (mantan Presiden Lituania)
Nguyễn Minh Triết (Presiden Vietnam)
Boris Johnson (Walikota London)
Tom Brady (pemain sepak bola NFL)
Gisele Bündchen (supermodel internasional)
Steve Nash (pemain basket NBA)
Leona Lewis (bintang pop internasional)
The Cranberries (band rock Irlandia)
Andox and Box (Hong Kong)
Melanie Chisholm (bekas anggota Spice Girls)
Li Yuchun (penyanyi Cina)
Abhishek Bachchan (aktor Bollywood India)

Earth Hour mendapat dukungan dari berbagai perusahaan seperti Coca-Cola Enterprises, Wells Fargo, IKEA, HSBC, PwC, Accenture dan Nokia Siemens Networks juga beberapa Saluran TV dan radio International seperti : National Geographic Channel Asia berhenti mengudara selama periode Earth Hour. Saluran berita kabel Filipina, ABS-CBN Broadcasting Corporation ANC kembali berhenti mengudara selama Earth Hour. Saluran FBNC berpartisipasi dalam Earth Hour Vietnam. The Agenda with Steve Paikin di TVOntario kembali menyiarkan program secara penuh menggunakan cahaya lilin.

Media lingkungan inovatif - Agen periklanan Australia, Wunderman Sydney membuat pemasaran ramah lingkungan yang inovatif untuk mendukung Earth Hour, klien mereka sejak 2009. Untuk mendorong perusahaan-perusahaan agar berpartisipasi dalam Earth Hour 2010, lima ribu 'Plant Spikes' diproduksi dan disebarluaskan ke berbagai perkantoran di seluruh Australia. Daun spike ini dirancang untuk disisipkan ke tanaman pot perkantoran oleh perusahaan tanaman TPR Group yang memiliki pelayanan tanaman perkantoran di seluruh Australia.

Untuk menjamin agar daun spike ini ramah lingkungan sepenuhnya, agen periklanan ini bekerjasama dengan penerbitan STI Lilyfield untuk menemukan tinta organik yang berisi pupuk tanaman alami dari Durvillaea potatorum dan ekstrak Ascophyllum nodosum (diambil secara berkelanjutan) untuk mempromosikan pertumbuhan tanaman yang sehat dan memperbarui kekebalan terhadap serangan serangga dan jamur. Dicetak di kertas bersertifikasi FSC 100%, tinta ini juga menjadi pupuk bagi tanaman pot ketika daun spike ini secara alami terurai dalam tanah pot tersebut.

Earth Hour 2009 - Earth Hour 2009 diadakan mulai pukul 20:30 hingga 21:30 waktu lokal, 28 Maret 2009. 88 negara dan 4.088 kota berpartisipasi dalam Earth Hour 2009, sepuluh kali lebih banyak daripada Earth Hour 2008 (400 kota). Satu milyar "suara" adalah tujuan Earth Hour 2009, dalam rangka menjelang Konferensi Perubahan Iklim PBB 2009. Di antara para peserta tahun 2009 adalah, untuk pertama kalinya, Markas Besar PBB di New York City. PBB memperkirakan bahwa partisipasinya akan menghemat energi listrik senilai $102.

Laporan memperlihatkan bahwa Amerika Serikat menempati peringkat teratas partisipasi Earth Hour dengan 80.000.000 orang, 318 kota dan 8 negara bagian berpartisipasi. Filipina berpartisipasi dengan 647 kota dan desa atau lebih dari 15 juta penduduk Filipino diperkirakan bergabung dalam pemadaman lampu satu jam pada 20:30 - 21:30 waktu lokal. Diikuti oleh Yunani dengan 484 kota dan desa, dan Australia dengan 309 kota. Salah satu provinsi Kanada, Ontario, tak termasuk kota Toronto, memperlihatkan penurunan permintaan listrik sebesar 6% sementara Toronto mengalami penurunan 15.1% (hampir berlipat dari 8.7% pada tahun sebelumnya) setelah banyak perkantoran digelapkan, termasuk CN Tower.

Operator listrik Swedia Svenska Kraftnät mencatat penurunan konsumsi listrik 2.1% dari jumlah yang diperkirakannya antara pukul 20:00 dan 21:00. Di jam berikutnya, jumlah ini mencapai 5%. Ini menyamai konsumsi sekitar setengah juta rumah dari total 4.5 juta rumah di Swedia. Menurut Perusahaan Listrik Vietnam, permintaan listrik Vietnam turun hingga 140.000 kWh selama Earth Hour. Filipina mampu menghemat 611 MWh listrik selama masa satu jam tersebut, dan dikatakan sama dengan mengistirahatkan selusin pembangkit listrik tenaga batubara selama satu jam.

Earth Hour 2008 - Earth Hour 2008 diadakan secara internasional pada 29 Maret 2008 mulai pukul 20.00 hingga 21.00 waktu setempat, menandai perayaan pertama acara ini. Dengan 35 negara di seluruh dunia berpartisipasi sebagai kota peserta resmi dan lebih dari 400 kota juga mendukung, Earth Hour 2008 diselenggarakan di 7 benua. Situs web resmi untuk acara ini, earthhour.org, menerima sekitar 6.7 juta pengunjung dalam minggu-minggu menjelang Earth Hour. Situs web lain juga ambil bagian dalam acara ini, dengan halaman utama Google menjadi "gelap" pada hari ketika Earth Hour dilaksanakan. Menurut survei daring Zogby International, 36 juta orang berpartisipasi dalam Earth Hour 2008. Survei ini juga memperlihatkan peningkatan 4 persen dalam kesadaran terhadap masalah lingkungan seperti perubahan iklim, langsung setelah acara ini. [March 2009]

Markah tanah terkenal di seluruh dunia memadamkan lampu mereka untuk Earth Hour, termasuk Sydney Opera House (Sydney, Australia), Empire State Building (New York City, AS), Sears Tower (sekarang Willis Tower, Chicago, AS), Golden Gate Bridge (San Francisco, AS), Bank of America Plaza (Atlanta, AS), Space Needle (Seattle, USA), Pegunungan Table (Cape Town, Afrika Selatan), Colosseum (Roma, Italia), Royal Castle (Stockholm, Swedia), London City Hall (Britania Raya), CN Tower (Toronto, Kanada), SM Mall of Asia, SM Science Discovery Center (Manila, Filipina), Suva (Fiji), Nidaros Cathedral (Trondheim, Norwegia), Royal Liver Building (Liverpool, Britania Raya), Menara Kembar Petronas (Kuala Lumpur, Malaysia), KL Tower (Kuala Lumpur, Malaysia), Kuil Buddha Wat Arun (Bangkok, Thailand) dan Azrieli Center (Tel Aviv, Israel).

Earth Hour 2007 - Earth Hour diadakan tanggal 31 Maret di Sydney, Australia pukul 19:30 waktu setempat. Menurut jumlah yang diberikan Energy Australia, sebuah lembaga lokal, konsumsi listrik saluran utama untuk kegiatan tahun 2007 di Sydney lebih rendah 2% selama Earth Hour daripada yang diperkirakan pada waktu itu, kondisi cuaca dan konsumsi empat tahun terakhir terus berubah. Herald Sun menyamakannya dengan "menyingkirkan 48.613 mobil dari jalan raya selama satu jam." Pengkritik, terutama Kolumnis Andrew Bolt, mencapnya sebagai "Pemotongan yang sangat sedikit ini dipertanyakan - sama dengan menyingkirkan enam mobil dari jalan raya selama setahun".

Secara konteks, enam mobil sama dengan menyingkirkan enam mobil dari jalan raya pada waktu tertentu di siang atau malam hari. Menanggapi kritik ini, penyelenggara Earth Hour menegaskan bahwa "Bila pengurangan gas rumah kaca yang tercapai di CBD (distrik bisnis sentral) Sydney selama Earth Hour dipertahankan selama satu tahun, maka jumlahnya sama dengan menyingkirkan 48.616 mobil dari jalan raya selama setahun." dan mereka juga mencatat bahwa tujuan utama Earth Hour adalah memunculkan kesadaran terhadap masalah perubahan iklim dan "mengkspresikan bahwa aksi setiap orang dalam skala besar dapat membantu mengubah planet kita menjadi lebih baik." dan bukan mengenai pengurangan energi spesifik yang dibuat selama jam itu yang dibutuhkan.

#Situs resmi Jam Bumi - Earth Hour - http://earthhour.org/