Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Abel Tasman Penemu Pulau Tasmania

Abel Tasman Menemukan Tasmania
Abel Janszoon Tasman (lahir di Lutjegast, Groningen pada tahun 1603 – meninggal di Batavia, 10 Oktober 1659) adalah penjelajah dan pedagang berkebangsaan Belanda yang terkenal dengan perjalanannya pada 1642 dan 1644 untuk Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Pada tanggal 24 November 1642, Ia adalah orang Eropa pertama yang diketahui mencapai kepulauan Tanah Van Diemen (sekarang Tasmania) dan Selandia Baru serta melihat kepulauan Fiji pada tahun 1643. Ia dan awak kapalnya berhasil memetakan cukup banyak bagian Australia, Selandia Baru, dan Kepulauan Pasifik yang mereka temui. Abel Tasman menghabiskan sisa hidupnya sebagai tuan tanah di Batavia dan meninggal di sana.

Tasmania adalah sebuah negara bagian Australia dan pulau dengan nama yang sama. Beribukota di Hobart, negara bagian ini memiliki luas wilayah daratan 22.357 km² dan populasi 484.700 jiwa (2005). Letaknya 200 km di sebelah selatan Australia Daratan, dengan Selat Bass sebagai pemisah. Negara bagian ini juga mengelola Pulau Macquarie. Hobart adalah ibu kota negara bagian Tasmania, Australia. Didirikan pada tahun 1804 sebagai koloni hukuman, Hobart merupakan kota tertua kedua sekaligus kota terbesar ke-12 di Australia, dengan penduduk metropolitan sekitar 200.000. Kota ini merupakan pusat finansial dan pemerintahan Tasmania, serta terdapat pelabuhan.

Selandia Baru yang dalam bahasa Maori disebut Aotearoa (artinya Tanah Berawan Putih Panjang), adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik; kira-kira 1.500 kilometer di tenggara Australia, di seberang Laut Tasman; dan kira-kira 1.000 kilometer di selatan negara-negara kepulauan Pasifik, yakni Kaledonia Baru, Fiji, dan Tonga. Negara ini terdiri dari dua pulau besar (Pulau Utara dan Pulau Selatan) dan beberapa pulau lainnya yang lebih kecil. Karena letaknya yang jauh, Selandia Baru merupakan kepulauan terakhir yang didiami oleh manusia.

Republik Kepulauan Fiji adalah sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik, di sebelah timur Vanuatu, sebelah barat Tonga, dan sebelah selatan dari Tuvalu. Fiji memiliki 322 pulau, 106 di antaranya berpenghuni. Selain itu ada pula 522 pulau kecil. Kedua pulau terbesar adalah Viti Levu dan Vanua Levu yang penghuninya meliputi 82% dari keseluruhan penduduk negara ini. Nama Fiji adalah sebuah kata kuno dalam bahasa Tonga untuk kepulauan itu, yang pada gilirannya berasal dari nama dalam bahasa Fiji, Viti. Ibu kota Fiji, Suva, terletak di pulau ini. Di Fiji banyak imigran yang berasal dari India/Pakistan.

Pulau Macquarie adalah sebuah pulau yang terletak di Samudra Selatan, sekitar setengah perjalanan dari Australia ke Antartika. Pulau ini dikelola oleh Negara Bagian Tasmania, Australia. Pulau Macquarie secara tidak sengaja ditemukan oleh Frederick Hasselborough pada 1810 ketika ia sedang mencari lahan perburuan anjing laut. Ia lalu mengklaim pulau ini milik Britania Raya dan menganeksasinya ke dalam daerah jajahan New South Wales. Pulau ini dinamakan setelah Lachlan Macquarie, gubernur kolonial yang kadang dianggap sebagai sang penemu Australia. Atas perintah Alexander I dari Rusia, Fabian von Bellingshausen menjelajahi pulau ini pada 28 November 1820 dan merancang peta Pulau Macquarie pertama. Di sana ia menukar rum dan makanannya dengan beberapa satwa setempat.

Pada 1890, New South Wales mengalihkan kekuasaan Pulau Macquarie kepada Tasmania yang lalu menyewakannya kepada Joseph Hatch pada 1902 - 1920. Pada 1911 - 1915, sebuah pangkalan dan stasiun meteorologi beroperasi di sana untuk kepentingan Ekspedisi Antartik Australasia. Pulau ini ditetapkan sebagai suaka margasatwa pada 1933. Pada 26 Desember 1947, kekuasaan pulau ini beralih lagi ke tangan Australia sebagai bagian administrasi Teritori Antartik Australia. Markas Ekspedisi Riset Antartik Nasional Australia (ANARE) didirikan di pulau ini pada 25 Mei 1948.

Pulau Macquarie — kini termasuk dalam wilayah Negara Bagian Tasmania — ditetapkan sebagai cagar alam pada 1978 dan pada 1997 sebagai situs warisan dunia. Pada 23 Desember 2004, gempa bumi sebesar 8,1 skala Richter melanda pulau ini, namun tidak menimbulkan kerusakan berarti. Teori bahwa musibah tersebut adalah awal dari gempa bumi Samudra Hindia 2004 ditentang oleh sebagian besar pakar seismologi.

Kepulauan Pasifik mempunyai sekitar 20.000 hingga 30.000 pulau; jumlah sebenarnya tidak diketahui. Pulau-pulau tersebut kadang-kadang dinamakan Oseania, dan secara tradisional digolongkan menjadi tiga grup: (1) Melanesia, (2) Mikronesia, dan (3) Polynesia.

Melanesia artinya kepulauan hitam. Pulau-pulau yang masuk kategori ini ialah New Guinea (pulau Pasifik terbesar yang dibagi menjadi negara Papua Nugini dan provinsi Irian Jaya milik Indonesia), Kaledonia Baru, Vanuatu, Fiji, dan Kepulauan Solomon. Mikronesia artinya kepulauan kecil. Pulau-pulau yang masuk kategori ini berupa Marianas, Guam, Palau, Kepulauan Marshall, Kiribati, Nauru, dan Mikronesia. Polinesia artinya kepulauan yang banyak jumlahnya. Pulau-pulau yang masuk kategori ini ialah Selandia Baru, Kepulauan Hawaii, Atol Midway, Samoa, Samoa Amerika, Tonga, Tuvalu, Kepulauan Cook, Polynesia Perancis, dan Pulau Easter.

Ada juga pulau-pulau lain yang terletak di Samudra Pasifik, namun mereka tidak tergolong sebagai bagian dari Oseania. Pulau-pulau tersebut ialah Kepulauan Galapagos milik Ekuador; Kepulauan Aleutia di Alaska; Sakhalin dan Kepulauan Kuril milik Rusia; negara pulau Jepang, yang mencakup Kepulauan Ryukyu; Taiwan; Filipina; Kepulauan Laut China Selatan; dan kebanyakan pulau di Indonesia.