Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Awal Pencetusan Hari Blogger Nasional

Awal Pencetusan Hari Blogger Nasional
Hari Blogger Nasional 27 Oktober merupakan tanggal yang ditetapkan sebagai hari dimana para blogger Indonesia berulang tahun. Para blogger Indonesia memperingati Hari Blogger Nasional yang pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu. Hari dimana pada beberapa tahun yang lalu, di acara pesta blogger 2007 tersebut, Menkominfo Muhammad Nuh mengukuhkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Momentumnya dibuat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mohammad Nuh tanpa basa-basi dengan mendeklarasikan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional seiring Pesta Blogger 2007. Pencetusannya saat memberikan sambutan dalam Pesta Blogger 2007 (PB2007), sebuah acara gathering blogger nasional yang diadakan di Blitz Megaplex, Jakarta, Sabtu (27/10/2007).

"Hari ini saya nyatakan sebagai Hari Blogger Nasional!" tukasnya disambut tepuk tangan meriah para penulis blog. "Momentumnya sangat tepat untuk mendeklarasikan hari ini sebagai hari blogger nasional. Sebelumnya hal ini belum direncanakan sama sekali," ujarnya kepada wartawan setelah memberi sambutan. Disinggung mengenai langkah selanjutnya dari deklarasi Hari Blogger Nasional dan apakah pemerintah akan membakukan sebuah kode etik bagi blogger, Nuh mengaku hal itu belum dipertimbangkan. "Ini masih awal, belum sampai sejauh itu untuk dipikirkan. Masih yang sederhana saja," tukasnya. Cetusan untuk menjadikan Hari Blogger Nasional muncul pada acara itu secara spontan. Diawali oleh Enda Nasution, Ketua Komite PB2007, dalam sambutannya.

Menurut Nuh, blogger memiliki peran dalam hal edukasi dan memberdayakan masyarakat. Ia juga berharap blogger tidak 'malu-malu' atau takut dalam menulis blog. "Kami jamin tidak akan ada pembreidelan," ujarnya dalam acara PB2007. Enda, yang ditemui sewaktu makan siang, mengatakan deklarasi tersebut memang tidak direncanakan. Untuk ke depannya, Enda pun mengaku belum ada rencana spesifik. "Paling tidak sudah ada satu tanggal yang bisa dijadikan momentum. Nanti setiap komunitas atau individu blogger bisa membuat interprestasinya sendiri untuk memperingati hari ini," ia menjelaskan. PB2007 menghadirkan blogger dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Anging Mammiri dari Makassar, Go Ranah Minang dari Sumatera Barat, Loenpia.net dari Semarang, Komunitas Blog Jogja hingga blogger yang mewakili komunitas di Poso. Komunitas non-regional seperti Blogfam, id-Gmail, Multiply Indonesia, dan Muslim Blog juga ikut meramaikan acara ini.

Beberapa tahun berselang, Pesta Blogger telah berubah menjadi event On Off Indonesia (OnOffID). Jika awal tahun pencetusan lalu Pesta Blogger hanya berfokus kepada pesta akbar pertemuan para blogger se-Indonesia, kali ini konsep tersebut mulai dikombinasikan dengan unsur bisnis. Sejak mengalami perubahan nama menjadi OnOffID, pesta blogger mulai menekankan pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog lebih serius, agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Bisa menjadi sumber penghasilan, memperluas jaringan pertemanan, dan lainnya. Blog tak lagi menjadi tempat curahan hati individu, tapi juga bisa menjadi tempat untuk membuka peluang bisnis di dunia nyata.

Sebagai seorang blogger tentu akan menyambut gembira hari ini sebab di sinilah telah terjadi “suara baru Indonesia” dalam kemasan yang elegan dan intelek. Setiap orang diberi kebebasan untuk menyampaikan apa saja yang ada di dalam otak kepalanya. Rasa tanggung jawabpun mengikuti dari setiap postingan yang di publish-nya. Blogger yang bertanggung jawab dan tidak asal tulis akan memberikan nilai manfaat bagi mereka yang membacanya. Blog bisa sebagai media dalam menyalurkan aspirasi yang mungkin tersumbat bisa pula dijadikan sebagai sarana untuk membuat sebuah komunitas baru. Kita bisa menuliskan apa saja dan dalam era digital sekarang ini, setiap warga bisa menjadi seorang jurnalis mengabarkan apa saja yang dilihat dan didengarnya hingga dunia kini terasa hanya berada dalam genggaman.

Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab, yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki. Blog menjadi semakin populer di Indonesia, ketika banyak orang yang kemudian menjadi terkenal hanya karena hobi menulis blog. Dalam data "Social Media Landscape" yang dikeluarkan salingsilang.com, jumlah pengguna blogger di Indonesia mencapai 4,1 juta pada Februari 2011. Sebanyak 80,65 persen menggunakan blogspot.com (blogger.com) dan 14,5 persen menggunakan Wordpress. Sisanya menggunakan layanan lain.

Bila kita yang senang bergaul, membuat blog dimana-mana silahkan saja. Tetapi yang penting, ketika membuat blog, usahakan kita komitmen dalam meng-updatenya. Sebab dalam dunia blog, “Content is the king”, itulah kalimat yang terucap dari mas Wicaksono atau Ndro kakung. Lebih baik memiliki satu blog namun ter-update dengan baik, daripada memiliki banyak blog tapi tak pernah diupdate. Kalau sudah demikian, maka jadilah blog kita itu seperti sampah-sampah informasi. Bila tulisannya bagus, maka sampah itu akan tetap membawa berkah. namun bila kurang baik, dan asal tulis, maka postingan anda itu hanya menjadi tumpukan sampah yang tak bisa didaur ulang.

Dalam blogger akan kita temukan sejumlah keajaiban-keajaiban tak terduga disana, menemukan sebuah “dunia baru” dimana kita dapat mendokumentasikan, mengekspresikan dan membagi, apa yang kita alami, dengar dan rasakan melalui media blog. Dengan menjadi blogger banyak hal-hal tak terduga terjadi. Ada keajaiban dan rezeki yang tiba-tiba mengiringinya. Itulah yang akan dirasakan saat ngeblog dan menjadi seorang blogger. Menjadi seorang blogger adalah pilihan. Bagi kita yang sudah memiliki blog, segera update kembali blog kita dan tulislah terus apa yang kita sukai dan kuasai dengan perasaan hati yang menyenangkan. Ketika kita merasa senang, maka pembaca blog anda pun akan merasakan hal yang sama. Kita bisa merasakan sebuah kenikmatan dari menulis setiap hari dan bila itu bisa kita lakukan, maka kita akan menjadi blogger handal di era global ini.

Konsep blog di Indonesia juga mulai dikombinasikan dengan sosial media. Salah satu yang mulai mengembangkan sosial blog ini adalah Kompasiana. Setelah berusia 3 tahun, Kompasiana memiliki 8 ribu-an anggota yang berasal dari Indonesia dan negara lain (orang Indonesia yang sedang berada di luar negeri). Kompasiana menjadi sarana jurnalisme warga, sekaligus wadah untuk menjalin jejaring sosial dengan sesama Kompasianer. Berbagai acara seperti blogshop, kompetisi blog, diskusi bulanan, kopdar pun diadakan rutin. Para blogger Indonesia juga pernah merayakan hari Blogger Nasional dengan hastag #berkatngeblog di Twitter, yang berisi testimoni mereka mendaatkan manfaat dari menulis blog.

Testimoni ini juga merupakan bagian dari kegiatan yang diadakan oleh OnOffID, dimana tweet-tweet terpilih dipublikasikan dalam bentuk buku oleh NulisBuku.com dan pernah dirilis 3 Desember 2011 di event OnOff 2011. Memang tak hanya melalui blog saja Peringatan Hari Blogger Nasional di Indonesia ini dilaksanakan, namun disosial media pun sangat marak diperbincangkan. Di Twitter, Para Tweepers yang sedang berkicau di TimeLine dengan Menggunakan Hastag #HariBloggerNasional. Demikianlah sekelumit sejarah peringatan Hari Blogger Nasional. - Selamat hari blogger nasional