Hari Perempuan   Women Day

blogger counters


Royal Opera House di Covent Garden

Royal Opera House - Covent Garden
Royal Opera House adalah sebuah gedung pertunjukan opera dan pusat pertunjukan seni di distrik dari London, Covent Garden. Sering kali bangunan besarnya disebut sebagai "Covent Garden" untuk memudahkan menyebutnya, setelah memindahkannya dari gedung opera sebelumnya setelah ada pemugaran dan perluasan pada tahun 1732. Gedung ini adalah rumah dari The Royal Opera, The Royal Ballet, dan Orkestra dari Royal Opera House. Gedung ini sebelumnya dikenal dengan nama Theatre Royal, ia telah menjadi rumah bermain selama seratus tahun pertama sejak didirikan. Pada tanggal 7 Desember 1732 Royal Opera House dibuka di Covent Garden, London.

Covent Garden sendiri adalah sebuah distrik di London, Inggris, yang terletak di timur kota Westminster dan selatan Camden. Wilayah ini memiliki banyak pertokoan, artis-artis jalanan, dan fasilitas hiburan serta pintu masuk ke Royal Opera House Covent Garden, serta Seven Dials. Wilayah ini dibatasi oleh High Holborn di bagian utara, Kingsway di bagian timur, Strand di bagian selatan, dan Charing Cross Road di bagian barat. Covent Garden Piazza yang terletak di tengah-tengah wilayah ini sebelumnya adalah wilayah untuk pusat perdagangan bunga-bungaan, buah-buahan, sayur-mayur dari tahun 1500-an hingga tahun 1974, ketika tempat perdagangan itu dipindahkan ke Nine Elms. Wilayah yang berdekatan dengan Covent Garden termasuk Soho, St James's, Bloomsbury dan Holborn.

Pada tahun 1734, untuk pertama kalinya dipergelarkan pertunjukan balet. Dan setahun kemudian pertunjukan opera dari Handel mulai dipergelarkan. Banyak dari pertunjukan operanya dan dari Oratorio dibuat dan ditulis khusus untuk Covent Garden dan dipergelarkan untuk pertama kalinya di sana. Bangunan yang sekarang adalah gedung teater ketiga yang dibangun di sana, menyusul musibah kebakaran yang menghanguskan dan merusak gedung tersebut pada tahun 1808 dan 1857. Façade, foyer, dan auditorium masih seperti tahun 1858, namun hampir semua elemen lainnya yang ada sekarang merupakan hasil rekonstruksi pada tahun 1990-an.

Rumah opera ini sangat terkenal di Inggris sebagai sebuah pementasan opera skala international. Bangunan Coloseum yang sering menjadi pusat perhatian ini merupakan sebuah bangunan yang memiliki nilai budaya dan seni. Awalnya orang akan mengira bangunan ini sebagai sebuah bangunan bersejarah, tetapi siapa sangka didalamnya terdapat aktifitas kesenian yang menjadi unggulan masyarakat kota Inggris. Gedung ini memiliki kapasitas kursi yang bisa menampung 2.268 orang dan mempunyai 4 boxes dan balconies, serta amphitheatre gallery. The proscenium memiliki lebar 12.20 m dan tinggi 14.80 m. Auditorium utamanya adalah Grade 1 listed building.

Royal Opera House sebagai sebuah rumah opera dan tempat persembahan seni utama di bandaraya London, terletak di Covent Garden, terkenal sebagai salah sebuah rumah opera terkemuka dunia. Bangunan yang megah tersergam itu lebih dikenali ramai sebagai “Covent Garden”, adalah milik syarikat Royal Opera (nama lama ialah Covent Garden Opera Company), iaitu syarikat induk untuk Royal Opera House, Royal Ballet dan Royal Opera House Orchestra. Pada Oktober 1968, Ratu England memberi kebenaran kepada Covent Garden Opera Company untuk dipanggil sebagai “Royal Opera”. Ini adalah sebagai anugerah Diraja di atas kejayaan syarikat tersebut menempah nama dan mendapat pengiktirafan antarabangsa.

Bangunan ini adalah bangunan teater ke-3 didirikan di tapak ini dari tahun 1858, namun kebanyakan dari ciri-ciri yang terdapat kini adalah dari pengubah suaian yang besar dibuat pada tahun 90an. Royal Opera House boleh memuatkan seramai 2,268 penonton yang terdiri dari 4 tingkat kotak penonton, balkoni dan galeri amfiteater. Pentas prosenium rumah opera ini berkeluasan 12.20 m lebar dan 14.80 m tinggi. Auditorium utama rumah opera ini tersenarai di dalam Senarai bangunan Gred 1 mengikut akta negara United Kingdon di bawah akta Perancangan Negara dan Bandar 1947. Auditorium ini merupakan sebuah kebanggaan besar bagi Royal opera House yang menampilkan berbagai pentas kesenian berbagai bangsa.

Auditorium ini pernah mengalami kebakaran sebelum akhirnya direnovasi pada tahun 1808. Renovasi yang dilakukan tidak mengubah fasade dan desain secara keseluruhan Royal Opera. Dengan kapasitas ribuan orang, tribun dalam Royal opera dibuat bertingkat karena masih mengadopsi sistem Romawi yang memberikan strata kelas pada penonton. Tribun dibagian paling rendah diperuntukkan untuk orang – orang buruh dan kelas bawah lainnya. Tribun tengah merupakan tempat bagi orang dengan strata menengah dan tribun paling atas diperuntukkan bagi orang dengan strata atas. Namun masa modern kali ini tribun tidak lagi dipergunakan pembagian strata.

Sebuah gambar satir dari 1811 dari ‘Pigeon Holes’ yang mengapit bagian atas galeri di Covent Garden. Menjadi sebuah kebanggaan dan lambang kebesaran bagi Royal Opera House. Sejarah pembentukan Royal Theater dimulai dengan adanya surat paten yang diberikan Charles II kepada Sir William Davenant pada tahun 1660. Surat paten ini merupakan sebuah jalan yang memungkinkan Davenant selaku arsitektur untuk mulai membangun teater paten yang berasal dari The Dukes Company di London.